Beranda ›› Foto & Video ›› KPU Tapteng Gelar Debat Kandidat Cabup, Amin Napitupulu Salah Sebut Sila Ke 5 Pancasila

KPU Tapteng Gelar Debat Kandidat Cabup, Amin Napitupulu Salah Sebut Sila Ke 5 Pancasila

Tapteng | suarasumut.com  –  Tahapan demi tahapan dilakukan oleh KPU Tapteng, dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada Tapteng. Debat kandidat Calon Bupati yang dilaksanakan di Gedung Gor Pandan, Senin (23/1) malam, dengan mengangkat tema debat, menyelesaikan persoalan daerah dan upaya memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketika memasuki segmen ke lima (5), dengan topik memperkokoh NKRI dan kebangsaan, yang mana setiap alur pertanyaan dipandu oleh panelis, dan dijelaskan oleh moderator.

Calon Bupati, Amin Pardomuan Napitupulu dengan nomor urut satu (1) mendapatkan kesempatan dengan waktu selama 2 menit dengan memberikan jawaban.

“NKRI harga mati,” sebut Amin.

Setelah beberapa kandidiat Calon Bupati Tapteng, memberikan jawabannya tentang topik yang sama, maka panelis dan moderator melanjutkan segmen ke enam (6), dimana pada sesi ini moderator memberikan kesempatan kepada para kandidat untuk saling bertanya, sesuai ketentuan yang telah diatur.

Ketika calon urut nomor dua yaitu, Rantinus Manalu, mendapatkan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada calon urut satu.

“Tolong bapak sebutkan isi dari Pancasila, sebagai dasar Negara Indonesia, silahkan,”ungkap Rantinus, kepada Amin.

Sesuai dengan waktu yang diberikan oleh moderator selama 1 menit untuk memberikan jawaban, Amin, dengan jelas menyebutkan Sila pertama hingga ke empat, akan tetapi setelah sila ke lima, terlihat, Amin, sudah mulai bingung, dan terdengar sila ke lima salah sebutkan.

“lima Persatuan Indonesia,”sebut Amin.

Tidak terima dengan jawaban Amin, yang salah menyebutkan urutan isi Pancasila, para pendukung beberapa calon Bupati yang hadir, di dalam Gedung Gor dan diluar yang ikut menyaksikan debat tersebut, dengan suara keras meneriakkan dan menertawai, Amin Pardomuan Napitupulu.

“Woi,,,,,hahahahh,,,,,,,salah,”ujar para pendukung yang hadir pada saat itu secara spontan.

Tidak terima dengan jawaban yang diberikan Amin, Rantinus langsung menjelaskan dan menyebutkan jawaban yang tepat dan benar, seraya mengurutkan ke lima Sila Pancasila.

“Setahu saya, sila ke lima itu adalah, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonsesia,”terang Rantinus.

Setelah mendengarkan jawaban dari Rantinus, akhirnya Amin, menyadari kesalahannya menyebutkan urutan, isi Sila Pancasila, Amin pun terdiam, dan akhirnya dia (Amin,red) mengulang kembali dengan sempurna isi Sila ke lima Pancasila.

“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”tegas, Amin, sembari tersenyum.(ip/ss-tt)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.