Beranda ›› Foto & Video ›› KPU Sambut Pasangan “Makmur” Dengan Prosesi Adat Nias

KPU Sambut Pasangan “Makmur” Dengan Prosesi Adat Nias

Gunungsitoli, suarasumut.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli menggunakan prosesi adat Nias “Fangowai” dan “Fame’e Afo” dalam menyambut bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp dan Kemurnian Zebua, BE (Makmur).

Pasangan Balon Makmur yang menggunakan baju adat Nias bersama ribuan pendukungnya, berangkat dari lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli, Jalan Gomo, Kelurahan Pasar menuju kantor KPU Kota Gunungsitoli pukul 10.30 wib. Pasangan Makmur disambut langsung Ketua dan komisioner KPU Kota Gunungsitoli di halaman kantor KPU Kota Gunungsitoli, Desa Dahana Tabaloho, Kota Gunungsitoli, Selasa (28/7) pukul 11.33.

Sebelum masuk ke dalam ruangan kantor KPU Kota Gunungsitoli untuk menyerahkan berkas pendaftaran, pasangan Makmur harus melewati prosesi adat “Fangowai” dan Fame,e Afo” yang dipandu pegawai KPU Kota Gunungsitoli Trisman Harefa.

Kemudian pasangan Makmur melakukan registrasi pada petugas penerima pendaftaran dan baru diijinkan masuk ke dalam aula kantor KPU Kota Gunungsitoli untuk mengikuti proses penyerahan dan evaluasi berkas.

Pada acara penerimaan dan pemeriksaan kelengkapan berkas pasangan balon Makmur, Ketua KPU Sokhiatulo Harefa bersama komisioner KPU lainnya, diawasi langsung oleh Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Gunungsitoli yang dipimpin O Fredy Harefa.

Setelah mengikuti proses pemeriksaan dan evaluasi berkas, akhirnya pasangan Makmur diumumkan oleh Ketua KPU bahwa pendaftarannya diterima, dan pasangan Makmur diberitahu dan diberi kesempatan tiga hari untuk melengkapi kekurangan berkas, apabila kelak ada berkas yang dianggap kurang atau perlu diperbaiki.

Ketua KPU Kota Gunungsitoli juga meminta maaf atas keterlambatan pelaksanaan prosesi evaluasi data yang dilakukan KPU Kota Gunungsitoli, karena masih ada berkas yang harus dilengkap oleh pasangan Makmur dan baru diambil.

KPU Kota Gunungsitoli juga akan memberi surat pengantar kepada pasangan Makmur untuk mengikuti tes pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pirngadi Medan, Jumat (31/7) dan sudah harus berada di RS Pirngadi Medan minimal pukul 14.00 wib, Kamis (30/7) untuk mengikuti pembekalan di RS Pirngadi Medan.

Sebelumnya, Balon Wali Kota Drs.Martinus Lase, M.Sp mengucap terima kasih kepada KPU Kota Gunungsitoli yang telah menerima kedatangan mereka bersama ribuan pendukung, dan mengatakan sangat terharu dan menghormati prosesi adat Nias yang dilakukan KPU Kota Gunungsitoli ketika menerima mereka.

Dia juga tidak lupa berharap kepada KPU Kota Gunungsitoli dan seluruh pasangan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan bertarung pada 9 Desember 2015, serta masyarakat Kota Gunungsitoli, untuk memberi yang terbaik pada Pilkada ke depan.

Sesuai informasi yang dirangkum wartawan, sehari sebelum pasangan Makmur yang didukung partai Demokrat, Nasdem dan PKPI mendaftar di KPU Kota Gunungsitoli, Senin (27/7), pasangan Ir.Lakhomizaro Zebua dan Sowa’a Laoli (LASO) yang didukung partai PDIP, Hanura dan PKB sudah mendaftar, dan diterim oleh KPU Kota Gunungsitoli.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.