Beranda ›› Foto & Video ›› KPU Labura Akan Gelar Debat Kandidat Paslon Sabtu

KPU Labura Akan Gelar Debat Kandidat Paslon Sabtu

Aekkanopan | suarasumut.com  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Utara (Labura) akan menggelar debat kandidat pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati di Hotel Anugrah, Sabtu (7/11). Acara itu akan diikuti tiga paslon yang akan bersaing pada pemilihan bupati/wabup 9 Desember mendatang.

Hal itu dikatakan Sekretaris KPU Labura Drs Yafit Ham MPd kepada suarasumut.com diruangannya, Kamis (5/11). “Kita akan melaksanakan debat kandidat di Hotel Anugrah pada hari Sabtu nanti (besok—red),”katanya terkait rencana debat yang merupakan bagian dari tahapan pilbup/wabup 2015.

Lebih lanjut Yafit mengatakan, untuk masing-masing paslon hanya diperkenankan membawa 50 (lima puluh) orang termasuk kandidat bupati/wabup. “Ketiga paslon hanya dibolehkan membawa 50 orang termasuk kandidatnya. Acara dimulai pukul 14.30 wib hingga pukul 16.00 wib,” terang Yafit.

Didebat tersebut telah di tentukan limit waktu, mulai dari MC (Master of Ceremony) dalam membawa acara hingga untuk bertanya dan menjawab antar kandidat. Dan sosialisasi kepada pasangan calon, telah disampaikan oleh pihak KPUD Labura. Mengenai batas waktu yang telah ditentukan oleh KPU dalam setiap proses debat kandidat yang total waktu hanya 90 (sembilan puluh) menit, atau satu setengah jam.

KPU menggunakan jasa pihak ketiga yaitu salah satu event organizer (EO) dari luar kabupaten, untuk kelancaran acara. Karena itu bagaimana formasi ruangan yang akan digunakan diserahkan sepenuhnya kepada pihak ketiga untuk mempersiapkannya.

Yafit (Sekretaris KPUD) juga menyebutkan, untuk acara itu ada enam panelis dari perguruan tinggi masing-masing USU, Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas HKBP Nomensen dan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Medan. “Dari enam panelis itu salah satu merangkap sebagai moderator,” terangnya.

Awalnya pihak KPU telah menetapkan tempat untuk debat antar Kandidat Paslon di Rantau Parapat (Kabupaten Labuhanbatu) namun dengan segala pertimbangan, terjadi perubahan di Hotel Anugerah Aekkanopan.

Saat disinggung tentang perubahan tempat, Yafit menyebutkan hal itu dikarenakan adanya masukan-masukan yang diterima KPU. “Memang kita rencanakan acara debat dilaksanakan di Rantauprapat (Suzuya). Tapi karena masukan dari berbagai pihak, maka kita mengubahnya dan melaksanakan debat di Hotel Anugrah,” pungkasnya.

Sementara Kapolres melalui Kabag Ops Polres Labuhanbatu Kompol Faisal R Simatupang yang dihubungi wartawan menyebutkan, untuk mengamankan pelaksanaan debat kandidat itu pihaknya mengerahkan 250 personil.

“Kita menyiapkan 250 personil yang berasal dari Polres dan Polsek dalam rangka pengamanan debat kandidat yang dilaksanakan KPU Labura pada hari Sabtu nanti,” katanya melalui sambungan telepon seluler menjawab pertanyaan wartawan.(bn/ss)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.