Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› KPU Gunungsitoli Gelar Pleno Penetapan DPTB

KPU Gunungsitoli Gelar Pleno Penetapan DPTB

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara menggelar rapat pleno rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB) di Kota Gunungsitoli.

Pada rapat pleno yang digelar di Grand Kartika Resto, Kota Gunungsitoli, Sabtu 16 Februari 2019, Komisioner KPU Kota Gunungsitoli Heppy S Harefa memberitahu jika tujuan rapat pleno adalah untuk melindungi hak pemilih di Kota Gunungsitoli secara khusus dan Indonesia secara umum.

Mewakili Ketua KPU, Heppy memberitahu jika KPU telah mengunjungi beberapa yayasan dan lembaga di Kota Gunungsitoli dan menemukan sejumlah besar pekerja yang belum terdaftar, tetapi memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) daerah lain dan bukan warga Kota Gunungsitoli.

“Mereka ingin memilih di Kota Gunungsitoli, tetapi hal tersebut sangat sulit dipenuhi karena mereka belum terdaftar, dan mereka hanya bisa memilih di daerah asal sesuai alamat KTP, ” jelasnya.

KPU Kota Gunungsitoli juga menemukan penghuni yayasan yang belum memiliki KTP, padahal mereka sudah layak atau usia mereka sudah cukup untuk memiliki KTP.

Dia berharap dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Gunungsitoli memperhatikan hal tersebut, sehingga pada April mendatang semua masyarakat Indonesia, khususnya Kota Gunungsitoli bisa memberikan hak pilihnya.

Komisioner KPU bidang data Fazarman Zalukhu di tempat yang sama mengucapkan terima kasih rapat pleno telah terlaksana di tingkat desa dan kecamatan tanggal 14 dan 15 Februari 2019.

“Rapat pleno ditingkat KPU dilaksanakan hari ini, dan sesuai PKPU nomor 37 jadwal penyusunan DPTB dilaksanakan 30 hari sebelum pemilu, tetapi setelah keluar petunjuk teknis, kembali ditetapkan 60 hari sebelum pemilu dan tepat hari ini,”ungkapnya.

Tujuan penetapan waktu penyusunan dptb menurut Fazarman Zalukhu untuk mengetahui berapa kebutuhan logistik saat pemilu seperti surat suara, atau apa perlu didirikan TPS pemilih tambahan atau pindahan.

“Setelah pleno hari ini, kita yakin pasti akan ada lagi yang melapor pindah memilih, maka kpu sebagai penyelenggara tetap melayani hingga 30 hari sebelum pemilu,”jelasnya.

Dia berharap sebelum pemilu, rapat pleno dptb telah maksimal, dan kpu Kota Gunungsitoli harap saran dan masukan apabila ada warga yang melapor pindah memilih.

“Dalam pkpu ada sembilan keadaan atau situasi untuk pindah memilih, yaitu karena pekerjaan, tugas belajar atau kuliah, melaksanakan tugas seperti bekerja di Rumah Sakit, panti, menjaga pasien, bekerja di tempat Rehabilitasi narkoba, pindah domisili dan bencana alam,”terangnya.

Tidak lupa dia memberitahu, jumlah pemilih di Kota Gunungsitoli sesuai daftar pemilih tetap hasil perubahan (dpthp) kedua adalah sebanyak 87.869 jiwa.

Setelah rapat pleno rekalitulasi dan penetapan DPTB, jumlah pemilih di Kota Gunungsitoli bertambah menjadi sebanyak 87.925 jiwa.(al/ss-gs)

Lihat Juga

Linmas Kabupaten Nias Ikuti Sosialisasi/Pelatihan Dan Pembekalan

Nias | suarasumut.com  –  Anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) Kabupaten Nias mengikuti sosialisasi/pelatihan dan pembekalan. …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.