Beranda ›› Foto & Video ›› KPK KENDALIKAN GRATIFIKASI UNTUK PERCEPAT REFORMASI BIROKRASI

KPK KENDALIKAN GRATIFIKASI UNTUK PERCEPAT REFORMASI BIROKRASI

Jakarta, – Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) mulai merambah kementerian agar tercipta percepatan reformasi birokrasi. Karena itu, setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dianggap pemberian suap, apabila berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

Demikian diungkapkan Ketua KPK Abraham Samad penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Gedung Mina Bahari III, Jakarta (27/3).

Karena itu, PPG merupakan salah satu upaya pencegahan untuk mengendalikan penerimaan maupun pemberian gratifikasi tersebut. Agar pelaksanaan dapat berjalan efektif, Abraham mengimbau perlunya komitmen dari Menteri dan seluruh jajarannya maupun dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) yang ada.

PPG menjadi sedemikian penting, mengingat masih rendahnya kualitas layanan publik, struktur birokrasi yang gemuk dan belum memadai, baik dari sisi integritas maupupun kapabilitas. Fakta ini, kata Abraham, berpotensi menimbulkan perilaku koruptif dari para pegawai negeri sipil.

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo. Dalam sambutannya, Sharif bersyukur atas kesepahaman ini. “Mulai hari ini, sejak ditandatangani MoU ini, saya mengajak untuk mewujudkan KKP yang transparan, bersih dan melayani tanpa korupsi,” katanya.

Karena itu, langkah Sharif selanjutnya adalah memperbaiki cara berpikir dan budaya kerja seluruh pegawai di instansinya, mulai dari level bawah, menengah dan atas. “Karena itu, percepatan reformasi birokrasi merupakan hal yang sangat mendesak untuk dilakukan saat ini demi mendukung keberhasilan pembangunan nasional,” katanya.

(Humas)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.