Beranda ›› Headline ›› Kotak Suara Dari Karton, Ketua KPU Palas : Pemilu 2014, KPU Sudah Menggunakannya
Exif_JPEG_420

Kotak Suara Dari Karton, Ketua KPU Palas : Pemilu 2014, KPU Sudah Menggunakannya

Palas | suarasumut.com  – Kotak suara di Pemilu dan Pilpres 2019 nanti akan menggunakan bahan karton/kardus. Cerita karton/kardus menjadi trend sejak ada politisi yang menyampaikan istilah “Jendral Kardus”.

Begitu juga KPU Pusat membuat Kotak Suara untuk Pemilu Legislatif dan Pilpres menggunakan bahan habis pakai yang terbuat dari karton atau kardus.

Apa tanggapan Ketua KPU Palas Amran Pulungan terkait Kotak Suara dari bahan karton/kardus. Menurut Amran Pulungan, Kotak Suara dari bahan karton sudah digunakan KPU pada Pemilu Tahun 2014, yaitu Kotak Suara tambahan.

Tambahnya, kalau pun Kotak Suara tersebut terbuat dari karton, sudah sangat aman. Akan tetapi, kalau sengaja dirusak atau dihilangkan, dari bahan bahan baja/besi sekalipun akan tidak aman dan akan rusak.

“Kalau kotaknya dari besi, kalau sengaja dirusak ya tetap rusak,”ujar Amran Pulungan.

Peserta pemilu Partai Politik atau pun Pilpres tidak perlu khawatir akan keamanan kotak suara dan isinya, karena sudah dijaga oleh pihak keamanan dan diawasi oleh Bawaslu.

Kalaupun Kotak Suara tersebut dirusak atau hilang, itu tidak akan menghilangkan hasil perhitungan suara di TPS sesuai Kotak Suara. Karena masing-masing pihak, mulai dari KPPS, PPS, PPL, PPK, Saksi-Saksi dari Partai Politik akan memperoleh sertifikat hasil perhitungan suara di TPS atau Formulir C1.

Kemudian KPU Kabupaten/Kota, dalam hal ini KPU Palas akan melakukan scan terhadap formulir C1 yang didapat dari PPK. KPU Palas akan menyiapkan operator sebanyak 24 orang untuk scan C1, yakni 2 orang/kecamatan.

“Dalam hal scan C1, KPU Palas akan menyiapkan 24 orang operator, 2 orang per-kecamatan,” pungkas Amran Pulungan. (sl/ss-pl)

Lihat Juga

Era Quad-Camera 64MP Telah Datang, Realme Adakan Camera Innovation Event Di Indonesia

Jakarta | suarasumut.com –  Realme, merek smartphone paling berkembang di Indonesia mengadakan Realme Camera Innovation …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.