Beranda ›› Foto & Video ›› Kota Gunungsitoli Peringkat 93 Pengelolaan Pemerintahan

Kota Gunungsitoli Peringkat 93 Pengelolaan Pemerintahan

Gunungsitoli | suarasumut.com – Kota Gunungsitoli berada pada peringkat terakhir atau peringkat 93 dari 93 kota yang ada di Indonesia dalam mengelola pemerintahan versi Menteri Dalam Negeri.

Namun, Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua menjadikan peringkat dan status yang diterbitkan Menteri Dalam Negeri sebagai pemicu ketika ditemui di ruang kerjanya, di kantor Wali Kota Gunungsitoli, Rabu (2/5).

“Kalau peringkat untuk seluruh kota di Indonesia saya akui kita paling rendah, tetapi melihat skor, kita di posisi yang lumayan apabila peringkat Kabupaten dan Kota digabung,” ucapnya.

Menurut Wali Kota, skor atau nilai yang diberikan untuk Kota Gunungsitoli sesuai surat keputusan Mendagri adalah 2.4590.

Skor tersebut lebih tinggi dari yang diberikan kepada 34 kabupaten, dari 397 kabupaten yang ada di seluruh Indonesia.

“Kita harus maklum berada pada peringkat paling terakhir di seluruh kota di Indonesia, karena kota gunungsitoli paling terakhir dimekarkan dari kota kota lain,” terangnya.

Selain itu, dia memberitahu jika penilaian yang diberikan adalah untuk hasil penilaian kinerja pada tahun 2016.

Kala itu dia dan wakilnya baru dilantik atau baru beberapa bulan bekerja sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli.

Namun, dia mengakui masih ada masalah data yang perlu dilengkapi dan harus disajikan untuk dikirim ke pusat.

Hasil penilain dari Mendagri akan menjadi pemicu dan motivasi kepada Pemko Gunungsitoli untuk lebih giat ke depan supaya bisa melampaui kota yang sudah lama dimekarkan.

Kepada kepala skpd dia berharap untuk bekerja dan memenuhi seluruh persyaratan yang diminta pusat.

Tujuannya supaya ke depan penilaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan Kota Gunungsitoli sesuai kondisi rill dilapangan.

Untuk diketahui, dari sk mendagri terkait peringkat dan status kinerja pengelolaan pemerintahan daerah secara nasional, Kota Gunungsitoli berada di bawah Kota Tanjung Balai dan Kota Subulusallam.

Sedangkan ditingkat Kabupaten, Kabupaten Nias berada di peringkat 355 dengan skor 2.4727, Kabupaten Nias Barat peringkat 368 dengan skor 2.2590.

Nias Selatan berada pada peringkat 378 dengan skor 2.0171 dan Nias Utara pada peringkat 380 dengan skor 1.9875 dari 397 kabupaten yang ada di seluruh Indonesia. (al/ss-gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.