Beranda ›› Foto & Video ›› Kota Gunungsitoli Dapat ADD Tahun 2016 Sebesar Rp 62,5 Milliar

Kota Gunungsitoli Dapat ADD Tahun 2016 Sebesar Rp 62,5 Milliar

Gunungsitoli | suarasumut.com — Untuk tahun 2016, Pemerintah Kota Gunungsitoli mendapat alokasi dana desa sebesar Rp 62,5 milliar. Dana tersebut sebesar 90 persen dibagi rata ke seluruh desa yang ada di Kota Gunungsitoli, dan sisa yang 10 persen dibagi secara proposional.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Gunungsitoli Arham Dusky Hia, ketika ditemui wartawan di kantor BPM Kota Gunungsitoli, Jalan Ampera, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Senin (14/3).

Kepada wartawan, Arham memberitahu, tahun 2015 yang lalu, Pemko Gunungsitoli mendapat alokasi dana desa sebesar Rp 27,8 milliar. Dana tersebut diterima sepuluh desa, dan baru tersalur sebesar Rp 1,17 milliar, dan sisanya sebesar Rp 26, 6 milliar dapat dicairkan hingga akhir Maret 2016.

Tidak lupa dia menjelaskan, penyaluran dana desa untuk tahun 2016 mengalami perubahan, dimana pencairan untuk tahun 2016 hanya ada dua tahap dengan persentase 60 persen untuk tahap pertama, dan 40 persen untuk tahap kedua.

Tahun sebelumnya, pencairan dibagi tiga dengan persentase 40 persen untuk tahap pertama, 40 persen untuk tahap kedua dan 20 persen untuk tahap ketiga.

Sedangkan dana desa yang 90 persen dibagi rata kepada desa yang telah melengkapi persyaratan dan layak menerima dana desa, sedangkan sisa yang 10 persen dibagi secara proposional dengan melihat luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, dan indeks kesulitan geografis.

Desa yang layak menerima dana desa adalah desa yang telah menetapkan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Sebelum dana desa disalurkan ke kas desa, dana tersebut terlebih dahulu masuk ke rekening kas umum daerah, baru dikirim ke rekening desa yang telah memenuhi syarat menerima dana desa.

Tidak lupa dia berharap, masyarakat desa selalu kompak, dan memiliki pemahaman yang sama tentang dana desa. Tujuannya, supaya tidak terjadi konflik internal di dalam desa yang dapat menghambat penetapan APBDes, mempercepat proses rekrutmen perangkat desa dan memanfaatkan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat.(sw/ss-gs)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.