Beranda ›› Headline ›› Korwil FKI -1 Kep.Nias : Penegak Hukum Jangan Buta, Usut Tuntas Dugaan Korupsi Disperindak Nias Barat

Korwil FKI -1 Kep.Nias : Penegak Hukum Jangan Buta, Usut Tuntas Dugaan Korupsi Disperindak Nias Barat

Nias Barat, suarasumut.com – Dugaan kasus korupi di Nias Barat faktanya semakin menggila, dengan perlahan praktek korupsi pada masa lalu di setiap SKPD mulai terungkap, sebagaimana hasil audit BPK RI Tahun 2012 menemukan bahwa, pada Dinas Perikanan dan Kelautan dalam pelaksanaan anggaran Tahun 2012 telah terjadi segudang penyimpangan, diantaranya pada Pembangunan Alur Pelayaran (Fasilitas pokok) dermaga PPI Kab.Nias Barat, yang dikerjakan CV.KH senilai Rp. 1.423.910.-, walaupun pada akhirnya pekerjaan dimaksud putus kontrak.

Sekretaris Korwil FKI-1 Kep.Nias Yason Hulu menguraikan, adapun beberapa persoalan yang terjadi dalam pelaksanaan proyek dimaksud diantaranya ; Pertama, jumlah dana yang telah dicairkan kepada CV. KH tidak sesuai dengan volume fisik pekerjaan dilapangan sehingga mengakibatkan Pemkab Nias Barat belum menerima pendapatan atas pencairan Jaminan pelaksanan pekerjaan dimaksud sebesar Rp. 71.195.500.-, kedua, telah terjadinya kelebihan pembayaran volume pekerjaan kubus beton dimana volume pekerjaan kubus yang sudah terpasang secara keseluruhan hanya 74,52 m³ sementara volume pekerjaan yang diperhitungkan dan dibayarkan sebesar 107,50 m³ , ketiga terjadinya pemahalan harga satuan pada pekerjaan tanah, dari kenyataan ini telah mengakibatkan terjadinya kerugian negara atas kekurangan volume fisik pekerjaan setidak – tidaknya senilai ± Rp. 171.587.361.- dan pemahalan harga senilai Rp. 31.224.467.-

Dari persoalan ini kami dari ormas FKI-1 mendesak pihak penegak hukum agar dapat -egera bertindak tegas sebab persoalan ini tidak hanya merugikan keuangan negara tetapi sudah merampas hak – hak social dan nilai perekonomian masyarakat itu sendiri.

Kadis Dinas Perindak Kab.Nias Barat saat disaat awak media menghubungi untuk konfirmasi dan kelarifikasi namun Kadis  tidak berada di kantornya yang beralamat di jln.Onolimbu – Lahomi (Simae’asi). Salah seorang staf beralasan, Kadis lagi ke luar daerah. (yh/ss/nb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.