Beranda ›› Foto & Video ›› Kodim 0213/Nias Limpahkan Minyak Tanah Tangkapan Ke Polres Nias

Kodim 0213/Nias Limpahkan Minyak Tanah Tangkapan Ke Polres Nias

Gunungsitoli, suarasumut.com — Komando Distrik Militer 0213/Nias melimpahkan penanganan kasus minyak tanah bersubsidi yang diamankan personil Kodim 0213/ Nias di Pelabuhan Gunungsitoli, Jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli, Jum’at (2/10) kepada Polisi Resor Nias.

40 drum minyak tanah bersubsidi tanpa dokumen yang diangkut mobil truck cold diesel PS 120 dengan nomor Polisi BB 9096 LN bersama supir berinisial MPS, diserahkan langsung Dandim 0213/Nias Letkol.Inf.Luhut B Sidabariba kepada Kapolres Nias AKBP.Bazawato Zebua, SH, MH di Mapolres Nias, Senin (12/10).

Kapolres Nias AKBP.Bazawato Zebua, SH, MH yang ditemui wartawan usai serah terima barang bukti membenarkan, Polres Nias telah menerima barang bukti berupa 40 drum minyak tanah ilegal, 1 unit mobil truck cold diesel dan supir dari Kodim 0213/Nias.

Minyak tanah tersebut diamankan personil Kodim 0213/Nias di Pelabuhan Gunungsitoli, ketika hendak diseberangkan ke luar Pulau Nias atau Sibolga menggunakan jalur laut. Penyidik Polres Nias akan melakukan penyelidikan, dan apabila memenuhi unsur, supir akan ditetapkan sebagai tersangka.

“Kalau sudah memenuhi unsur, supir akan kita tetapkan sebagai tersangka. Supir kita jerat dengan undang undang Migas karena telah melakukan penyelewengan minyak tanah bersubsidi dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” terang Kapolres Nias.

Ketika ditemui di Mapolres Nias, MPS mengaku mendapat bayaran Rp 2 juta mengangkut 40 drum minyak tanah tersebut ke Sibolga. Dia mengaku, pemilik minyak tanah adalah warga Sibolga bernama Memed.

“Minyak tanah ini akan saya bawa ke Sibolga, dan saya dibayar Rp 2 juta. Ini adalah yang kedua kali saya membawa minyak tanah. Minyak tanah ini milik warga Sibolga bernama Memed,” ujar MPS kepada wartawan ketika ditemui di Mapolres Nias, Senin (12/10).
Untuk diketahui, minyak tanah ilegal sebanyak 40 drum yang diangkut dengan mobil truck cold diesel oleh MPS, diamankan personil gabungan Koramil 01/Gunungsitoli, Intel dan Provost Kodim 0213/Nias saat hendak diberangkatkan ke luar Pulau Nias atau Sibolga di Pelabuhan Gunungsitoli.
Penangkapan minyak tanah ilegal yang hendak diselundupkan ke Sibolga melalui pelabuhan Gunungsitoli sudah kerap dilakukan aparat kepolisian, namun hingga saat ini, kasusnya belum ada yang sampai ke meja hijau.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.