Beranda ›› Headline ›› Kinerja Disoroti, Hakim & PP Resah PN Rantauprapat Resah Sebut Kegiatan Jurnalistik Terlalu Mencampuri

Kinerja Disoroti, Hakim & PP Resah PN Rantauprapat Resah Sebut Kegiatan Jurnalistik Terlalu Mencampuri

Rantauprapat, suarasumut.com – Keresahan Hakim dan Pegawai di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat atas gencarnya pemberitaan menyoroti kinerja mereka semakin terang-terangan dilakukan. Para pegawai yang dipimpin Ketua PN Rantauprapat, Tumpal Sagala SH menunjukan keresahan dikala kegiatan jurnalistik yang diamanahkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dilaksanakan di lingkungan kerja mereka.

Pantauan suarasumut.com hingga Senin (22/6), dalam sepekan terakhir, keresahan Hakim dan Pegawai di PN Rantauprapat semakin terang-terangan ditujukan wartawan yang gencar menyoroti kinerja mereka. Dalam keresahannya para Hakim dan pegawai, setiap gerak-gerik kegiatan Jurnalistik seakan mulai dibatasi dan diawasi.

Pada kamis pecan lalu, Panitera Pengganti (PP) bernama Hasil Sembiring menunjukan keresahannya melalui kalimat yang terkesan melecehkan kegiatan Jurnalistik wartawan saat Wakil Ketua PN Rantauprapat, R Aji Suryo dikonfirmasi di ruang Informasi dan Telekomunikasi (IT). Saat itu, R Aji Suryo meminta ajudanya agar mengambilkan 1 unit kursi dikarenakan ruang IT tersebut hanya tersedia 2 kursi. Entah apa factor penyebabnya, tiba-tiba Hasil Sembiring mencak-mencak dengan melontarkan kalimat yang melecehkan.

“Macam udah hebat kali wartawan itu. Kenapa rupanya kalau wartawan? Wartawan baru semalam saja pun,” kata Hasil Sembiring saat itu yang terdengar hingga ruang IT tempat Wakil Ketua PN Rantauprapat, R Aji Suryo dikonfirmasi.

PP Hasil Sembiring yang ditemui diruang kerjanya tidak menampik perkataannya tersebut. Menurut Hasil Sembiring, gencarnya pemberitaan atas peliputan yang dilakukan tidaklah seperti yang dilakukan oleh wartawan-wartawan yang ada di Medan, Provinsi Sumatera Utara.

“Banyak wartawan-wartawan di Medan tidak seperti bapak-bapak ini. Bapak terlalu mencampuri di Pengadilan ini. Jangan kaek gitu pak,” kata Hasil Sembiring menuangkan unek-unek dihatinya yang mungkin terpendam lama dihatinya, sekalipun, PP PN Rantauprapat itu sama sekali tidak dikenali sebelumnya.

Hasil Sembiring juga mengaku wartawan-wartawan di Medan tidak ada yang marah (tersinggung,red) dikala dirinya melontarkan kalimat “Macam udah hebat kali wartawan itu. Kenapa rupanya kalau wartawan? Wartawan baru semalam aja pun”. Selain itu, Hasil Sembiring ini juga mengaku dirinya dikenal oleh seluruh wartawan di Medan.

“Ia, siapa yang gak kenal sama saya di Medan. Semua wartawan di Medan kenal sama saya,” ujarnya.
Bukan hanya itu, ali ini, Kaur Kepegawaian PN Rantauprapat, Masnah Sembiring malah menganggap kinerja mereka sedang diintip.

“Mengapa hanya disini saja kalian intip-intip. Coba beritakan Rumah Sakit (RSUD Rantauprapat,red) sana, ada gak yang meninggal karena gak ada dokternya,” kata Masnah Sembiring yang menunjukan kesan risih saat dikonfirmasi tentang alasan Ketua PN Rantaprapat, Tumpal Sagala SH Cuti.

Sikap keresahan Kaur Kepegawaian itu juga terpancar dari sosok Satpam bernamA Umar saat Sekretaris PN Rantauprapat, Megawati Simbolon SH hendak dikonfirmasi di ruang kerjanya lantai II. Saat masih menginjak kaki di anak tangga ke-5, secara serta merta Umar mempertanyakan maksud dan tujuan ke lantai II itu. Dari sikap Umar ini menunjukan, kegiatan Junrnalistik sudah mulai diperketat.

“Tunggu dulu, mau kemana kalian. Semuanya mau kamu beritakan. Sama Humas saja tanya,” kata Umar sinis saat disebutkan tujuan ke lantai II untuk mengkonfirmasi Sekretaris PN Rantauprapat.

Saat itu, R Aji Suryo yang dimintai tanggapannya membantah sikap yang ditunjukan Hasil Sembiring mewakili sikap seluruh Hakim dan pegawai yang resah terhadap peliputan Jurnalistik di PN Rantauprapat itu. Dimana, dalam beberapa pecan terakhir, hampir setiap saat Hakim dan Pegawai PN Rantauprapat melakukan pertemuan yang membahas sepak terjang 2 wartawan yang melakukan peliputan.

“Kalau itu saya no comment. Ndaklah, itukan tidak mewakili suara pengadilan, itukan omongan pribadi, yang resmikan dari saya sebagai Humas,” kata R Aji Suryo selaku Humas dan juga Wakil Ketua sekaligus Koordinator Pengawas PN Rantauprapat.

Dimana, pada beberapa waktu lalu, Hakim di PN Rantauprapat itu secara terang-terangan mengakui mereka sering melakukan rapat hanya membahas kegiatan Jurnalistik yang sedang gencarnya menyoroti kinerja mereka. Menurut Hakim yang namanya dirahasiakan itu mengaku, kegiatan rapat yang mereka lakukan tidaklah seperti biasanya. “Berhasilah kalian membuat kami rapat, sehari 2 kali. Hanya membahas tentang kalian. Bagus itu,” kata Hakim yang namanya dirahasiakan itu. (ls/ss/lb )

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.