Beranda ›› Foto & Video ›› Ketua PN Rantauprapat Tak Patuhi Tata Tertib Persidangan?

Ketua PN Rantauprapat Tak Patuhi Tata Tertib Persidangan?

Rantauprapat, suarasumut.com – Miris melihat prilaku Hakim Ketua di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat, Tumpal Sagala,SH,MH yang memimpin persidangan perkara penganiayan yang mengakibatkan hilangnya nyawa oranglain. Pasalnya, Tumpal Sagala yang juga merupakan Ketua PN Rantauprapat malah bertelephone ria pada Jumat (24/4) saat bersidang dihadapan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Pengacara, dan para terdakwa.

Informasi yang dihimpun suarasumut.com hingga Senin (27/4), Pasal 217 ayat (1) KUHAP secara tegas mengatur, Hakim Ketua merupakan Hakim yang memimpin pemeriksaan dan memelihara tata tertib persidangan. Ironinya, Tumpal Sagala selaku Hakim Ketua yang beranggotakan M Jazuri SH MH dan Mince S Ginting S malah melanggar tata tertib persidangan dengan bertelphone saat bersidang.

Pantauan dipersidangan, sidang yang sedang berlangsung itu secara tiba-tiba didatangi salah seorang pegawai PN Rantauprapat dan memberikan hanphone berwarna biru kepada Tumpal Sagala selaku Hakim Ketua yang juga selaku Ketua PN Rantauprapat. Tidak diketahui apa yang diperbincangkan Tumpal Sagala saat menempelkan handphone ditelinganya, namun jawaban yang terlontar sangat jelas terdengar oleh pengunjung dan peserta sidang. “Iya pak, iya pak,” kata Tumpal Sagala sembari menyembunyikan kepalanya ke sisi kiri bahu Hakim Anggota, Jahzuri.

Usai persidangan, Tumpal Sagala yang dikonfirmasi mendalihkan panggilan telephone tersebut merupakan pemberitahuan anaknya sakit tiba-tiba di Pontianak. Selain itu, dirinya juga mendalihkan telephone tersebut bukanlah telephone seluler pribadinya, namun telephone ajudannya. “Mau apa rupanya, apa yang mau ditanya? Anak saya tiba-tiba sakit, dia bertelephone ke saya, bukan telephone saya, pelanggaran apa? Tak boleh saya angkat telephone anak saya sakit, bukan telephone saya, telephone ke ajudan, anak saya sakit,”dalih Tumpal yang memberikan jawaban berulang-ulang menunjukan dirinya gugup saat diwawancarai sejumlah wartawan di kantornya.

Terkait pelanggaran tata tertib persidangan oleh Hakim Ketua, Tumpal Sagala yang juga merupakan Ketua PN Rantauprapat itu, Humas, Arman Siregar,SH,MH yang ditemui diruang kerjanya secara tegas menyebutkan, bertelephone di persidangan dilarang. Hal serupa juga pernah dikatakanya terkait JPU Kejaksaan Negeri Rantauprapat, Antonius yang bertelephone saat bersidang beberapa waktu lalu. “Bertelephone saat bersidang dilarang. Siapa rupanya,” kata Arman Siregar sembari bertanya oknum yang bertelephone saat bersidang tersebut. (ls/ss/lb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.