Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Kepulauan Nias Diguncang Gempa 5,2 SR

Kepulauan Nias Diguncang Gempa 5,2 SR

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Kepulauan Nias diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,2 skala richter, Sabtu (29/12).

Menurut Kepala BMKG Gunungsitoli Djati belum ada laporan kerusakan yang terjadi akibat gempa yang terasa di Nias, Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan dan Kota Gunungsitoli.

Djati memberitahu pada pesan messenger jika gempa yang mengguncang Kepulauan Nias dan sempat membuat panik warga tidak berpotensi tsunami, dan kekuatan gempa 5,2 skala richter.

“Gempa pertama berkekuatan 5,2 pukul 15.23 wib dan kemudian gempa susulan 4,5 sr di lokasi 8 km Barat Laut Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara kedalaman 24 KM,” jelasnya.

Gempa bumi yang mengguncang Kepulauan Nias termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia di zona Megathrust yang berada di sebelah Barat Sumatera.

Sehingga dsri hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi dipicu oleh penyesaran sesar oblique.
Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kris salah satu warga yang ikut lari keluar rumah saat gempa mengaku kaget ketika toko yang dia masuki untuk membeli bahan kue bergoyang.

Tiba tiba pemilik toko dan sejumlah pembeli lari ke luar sambil berteriak teriak ada gempa.

“Karena pemilik toko dan pembeli lainnya lari keluar sambil berteriak, saya juga ikut lari keluar, dan saya lohat banyak orang di jalan karena keluar dari rumah,” jelasnya.

Menurut Kris, gempa yang terjadi tidak begitu lama cukup kuat dan terasa, sehingga dia sempat limbung dan hampir jatuh.(al/ss-gs)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.