Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› KEMENTERIAN PARIWISATA DAN PEMKAB NIAS GELAR LOKAKARYA PARIWISATA 17-18 JUNI DI NIAS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN PEMKAB NIAS GELAR LOKAKARYA PARIWISATA 17-18 JUNI DI NIAS

NIAS, suarasumut.com—Kementerian pariwisata RI bekerjasama dengan pemerintah daerah yang ada di 5 Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias akan menggelar Lokakarya Pariwisata di Kota Gunungsitoli 17-18 Juni.

Lokakarya tersebut akan dihadiri oleh Wakil Menteri Perekonomian Pembangunan Nasional, Wakil Menteri PU, Wakil Menteri Perhubungan dan Pariwisata, pengusaha nasional dari pusat seperti Chairul Tanjung, James Suryadi, Royanto Handaya, Hermawan Kartajaya dan Suahasil Nazara.

“Lokakarya yang akan digelar di Kota Gunungsitoli tanggal 17-18 Juni mendatang adalah untuk meningkatkan sektor pariwisata di 5 Kabupaten/Kota se Kepulauan Nias, dan untuk menghasilkan MoU antara pemerintah pusat, Sumatera Utara dan 5 Kepala Daerah se Kepulauan Nias dalam membentuk kerjasama mengembangkan pariwisata di Kepulauan Nias,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Baziduhu Zebua ketika ditemui di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Jalan Diponegoro, Kota Gunungsitoli, Senin (12/5).

Tercetusnya pelaksanaan Lokakarya tersebut menurut Baziduhu, merupakan hasil dari pertemuan yang digelar di Solo, Surakarta pada 7 September 2013, dimana kala itu 5 Kepala Daerah se Kepulauan Nias melakukan pertemuan dengan tokoh tokoh masyarakat Nias yang ada di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Pada pertemuan tersebut ungkap Baziduhu, juga turut hadir Wakil Menteri Pariwisata RI, sehingga tercetus sebuah deklarasi yang disebut sebagai deklarasi Solo, dimana deklarasi tersebut topiknya adalah “Membangun Kepulauan Nias Menjadi Daerah Tujuan Wisata Utama Kawasan Barat Indonesia,”.

Berdasarkan pokok pokok pikiran yang mengemuka pada pertemuan tersebut, Wakil Menteri Pariwisata memberikan masukan agar kepala daerah se Kepulauan Nias dan tokoh masyarakat Nias melakukan rencana aksi pengembangan pariwisata di Kepulauan Nias, dengan menggelar Lokakarya Pariwisata.

Persiapan pelaksanaan Lokakarya juga sudah mulai dilakukan, dimana rapat koordinasi persiapan Lokakarya telah dilaksanakan di Yokyakarta pada tanggal 24-25 April 2014, dan pada rapat tersebut dia diberikan tugas sebagai Ketua panitia.
Dalam hal tersebut, dia secara terbuka kepada suarasumut mengharapkan dukungan dari segenap masyarakat Kepulauan Nias dan media, agar acara tersebut bisa berhasil dan sukses. (sp/ss/ns)

Lihat Juga

Marvel Studio, “Avenger:Endgame” Kembali Tayang Di Bioskop Mulai 12 Juli

Jakarta | suarasumut.com  –  Mulai hari Jumat, 12 Juli 2019, Marvel Studios “Avengers: Endgame” akan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.