Beranda ›› Foto & Video ›› Kejari Gunungsitoli Sidik Kasus Korupsi Rumah Bantuan BRR

Kejari Gunungsitoli Sidik Kasus Korupsi Rumah Bantuan BRR

Gunungsitoli, suarasumut.com — Kejaksaan Negeri Gunungsitoli saat ini sedang melakukan penyidikan terhadap kasus dugaan korupsi pembangunan rumah bantuan dari Badan Rekontruksi dan Rehabilitasi (BRR) tahun anggaran 2006. Kejari Gunungsitoli telah menetapkan FH, kontraktor pelaksana pekerjaan sebagai tersangka.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Junius Zega, SH, MH kepada wartawan, usai mengikuti kegiatan gerak jalan santai dalam menyambut Hut Adhyaksa ke 55 di kantor Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Jalan Soekarno, Kota Gunungsitoli, Kamis (2/7).

“Kita telah memeriksa semua saksi dalam kasus ini, dan kita telah menetapkan kontraktornya berinisial FH, warga Kabupaten Padang Lawas sebagai tersangka. FH telah dua kali kita panggil, namun tidak hadir,” ujar Junius Zega.

Menurut Kasi Pidsus, Kejari Gunungsitoli dalam waktu dekat akan melayangkan panggilan ketiga terhadap tersangka. Apabila tersangka tidak juga mengindahkan panggilan ketiga, maka tersangka akan dijemput paksa.
Kasus pembangunan rumah bantuan BRR tersebut pagu dananya kurang lebih Rp 2 milliar. Kerugian negara atas kasus tersebut menurut audit BPK kurang lebih Rp 600 juta.

Proyek pembangunan rumah bantuan BRR tersebut dimulai tahun 2006, dan penyelidikan kasus tersebut sudah mulai dilakukan sejak tahun 2008. Dalam kasus tersebut, FH sebagai kontraktor hanya melaksanakan pekerjaan sekian persen dan meninggalkan pekerjaaannya setelah mengambil uang muka.

“Memang ada rumah yang telah dibangun, tetapi belum selesai. Kasu ini baru terungkap, karena saat itu banyak bantuan di Pulau Nias, sehingga tidak kelihatan penyelewengan yang terjadi. Dalam kasus ini, hanya rekanan yang kita jerat,” terang Junius Zega.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.