Beranda ›› Foto & Video ›› Kejari Gunungsitoli Lidik Pembangunan Kantor Bupati Nias Utara

Kejari Gunungsitoli Lidik Pembangunan Kantor Bupati Nias Utara

Gunungsitoli, suarasumut.com — Kejaksaan Negeri Gunungsitoli melakukan penyelidikan dugaan korupsi pada pembangunan kantor Bupati Nias Utara di Desa Fadoro Fulolo, Kabupaten Nias Utara tahun anggaran 2012 dan 2013. Tim ahli Kejari Gunungsitoli saat ini sedang melakukan penghitungan kerugian negara.

Ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, di kantor Kejari Gunungsitoli, Jalan Soekarno, Kota Gunungsitoli, Senin (13/7), Kepala Seksi Pidana Khusus, Kejari Gunungsitoli, Junius Zega, SH, MH membenarkan hal tersebut.

“Betul, saat ini kita sedang menangani sejumlah kasus dugaan korupsi di wilayah hukum Kejari Gunungsitoli, dan salah satu diantaranya adalah dugaan korupsi pada pembangunan kantor Bupati Nias Utara tahun anggaran 2012 dan 2013,” ungkap Junius Zega.

Menurut Kasipidsus, tim ahli Kejari Gunungsitoli sedang melakukan penghitungan kerugian negara pada pembangunan kantor Bupati Nias Utara. Hasil perhitungan tim ahli akan diekspos ke Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mendapat keterangan jumlah kerugian negara yang sesungguhnya.

“Sebelumnya, kita sudah mendengar isu jika hasil audit BPK terkait pembangunan kantor Bupati Nias Utara kurang dari Rp 20 juta. Namun, setelah melakukan peninjauan di lapangan, bangunan kantor Bupati Nias Utara yang telah dikerjakan tahun 2012 dan 2013 kondisinya sangat memprihatinkan,” terang Junius Zega.

Kejari Gunungsitoli telah mengambil keterangan sejumlah pihak yang diduga terkait, namun hingga saat ini rekanan yang mengerjakan proyek tersebut tidak pernah menghadiri undangan Kejari Gunungsitoli untuk dimintai keterangan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai pihak, pembangunan kantor Bupati Nias Utara yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Nias Utara, dikerjakan oleh dua perusahaan yang berbeda dan berdomonisil di luar Pulau Nias.

Tahun anggaran 2012, pembangunan dikerjakan oleh PT.Arta Graha Nauli menggunakan sistim kontrak tahun jamak dengan anggaran sebesar Rp 2.989.270.000. Tahun 2013, pembangunan dilanjutkan PT.Duta Unggul Sarana menggunakan sistim kontrak tahun tunggal dengan anggaran sebesar Rp 3.981.000.000.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

Protes Pemadaman, Masyarakat Demo Kantor PT.PLN Area Nias

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Protes pemadaman listrik, puluhan masyarakat demo kantor PT.PLN Area Nias, Jalan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.