Beranda ›› Headline ›› Kejari Didesak Tahan Tersangka Korupsi Bibit Karet

Kejari Didesak Tahan Tersangka Korupsi Bibit Karet

Nias | suarasumut.com  –  Kejaksaan Negeri Gunungsitoli didesak untuk menahan enam tersangka pengadaan bibit karet tahun 2016 di Kabupaten Nias.

Desakan disampaikanAliansi Peduli Kepulauan Nias dengan melakukan unjukrasa di depan kantor Kejari Gunungsitoli, Jalan Soekarno, Kota Gunungsitoli, Kamis (17/5).

Dalam oratornya para demonstran menyesalkan tindakan Kejari Gunungsitoli yang tidak menahan keenam tersangka berinisial ST, YZ, VYL, JS, SMT dan IP.

Demonstran meminta Kejari Gunungsitoli menahan dan menangkap keenam tersangka yang tidak pernah hadir ketoka dipanggil untuk proses pelimpahan dari penyodik ke jaksa penuntut umum atau p22.

Meminta Kejari untuk melakukan pengembangan terkait fakta fakta dipersidangan atas pengakuan kedua terdakwa ppk KZ dan rekanan DM yang saat ini sedang menjalani persidangan terkait kasus tersebut.

Maka berdasarkan fakta fakta tersebut, Kejari Gunungsitoli diminta untuk menetapkan pihak pihak yang patut diduga terlibat sebagai tersangka.

Kasi Datun Kejari Gunungsitoli Rachmattulah, SH yang menerima para demonstran mengatakan, Kajari Gunungsitoli belum bisa menerima langsung para demonstran karena ada pekerjaan.

Dia yang ditunjuk menemui para demonstran meminta agar demonstran memberi waktu dan kesempatan kepada Kejari Gunungsitoli untuk bekerja.

“beri kami waktu, biar kami bekwrja dengan baik untuk menuntaskan kasus ini,” harapnya.

Para demonstran yang sebelumnya bertahan dan mendesak agar Kajari Gunungsitoli menemui para demonstran akhirnya membubarkan diri setelah diberikan pemahaman oleh kasi intel dan kasispidsus.

Ditempat yang sama Kasipidsus juga memberitahu jika kelima terasangka berinisial YZ, VYL, JS, SMT dan IP sudah berapa kali dipanggil untuk tahap II, tetapi tidak datang.

Penyidik akan melakukan upaya upaya agar para tersangka bisa hadir untuk proses tahap II.

Bahkan, para tersangka menurut pengakuan Kasipidsus sudah mengajikan praperadilan, dan menganggap apa yang dilakukan para tersangka sah sah saja dan hak para tersangka.

Menurut informasi yang dihimpun media, setelah aksi unjukrasa, penyidik Kejaksaan dibantu personil Polrws Nias melakukan pencarian terhadap kelima tersangka.(ih/ss-ni)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.