Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Kecamatan Gunungsitoli Kembali Sabet Juara Umum MTQN

Kecamatan Gunungsitoli Kembali Sabet Juara Umum MTQN

Gunungsitoli, suarasumut.com — Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli kembali menyabet juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke IV tahun 2015 di Kota Gunungsitoli. Prestasi tersebut merupakan prestasi juara umum kafilah MTQN yang keempat kali bagi Kecamatan Gunungsitoli.

Pada penutupan MTQN yang digelar di lapangan Merdeka, Jalan Gomo, Kota Gunungsitoli, Senin (15/6), Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp memberitahu, MTQN ke IV Kota Gunungsitoli Tahun 2015 diikuti 5 Kafilah/rombongan dari Kecamatan.

Yakni Kafilah Kecamatan Gunungsitoli, Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan Kecamatan Gunungsitoli Selatan. Mereka bertanding sebagai peserta cabang mujawwat baik tingkat dewasa, remaja maupun anak-anak, dan juga ada perlombaan Cabang Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an dan Khattil Qur’an yang diikuti oleh peserta dari sekolah-sekolah dan perorangan.

Tidak lupa Walikota Gunungsitoli, Drs. Martinus Lase, M.SP membeberkan, pembangunan spiritual warga sesuai dengan agama dan kepercayaannya merupakan langkah strategis dalam membangun Kota yang Religius sebagai salah satu pilar demi terwujudnya Kota Gunungsitoli.

Menurut dia, nilai-nilai keagamaan yang dimanifestasikan dalam keimanan dan ketaqwaan, merupakan filter ampuh untuk menyaring budaya global yang tidak sesuai dengan norma norma dan kepribadian bangsa.

“Penyelenggaraan MTQ merupakan salah satu upaya yang sangat tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga muslim Kota Gunungsitoli. Sehingga MTQN selalu menjadi prioritas dalam program kerja Pemerintah Kota Gunungsitoli setiap tahun,” papar Martinus.

Namun, dia menyadari, fasilitasi pemerintah Kota Gunungsitoli terhadap penyelenggaraan MTQ masih jauh dari harapan bersama, tetapi dia yakin langkah kecil yang dilakukan bila didasari dari hati yang ikhlas dan semangat kebersamaan yang kokoh, pasti akan memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kemajuan dan kemandirian umat.

Ditempat yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM berjanji, pada tahun tahun mendatang akan memprogramkan pembinaan cabang-cabang tilawatil qur’an, supaya dapat memberikan pengaruh positif dalam peningkatan kemampuan para peserta.

Dengan semakin banyaknya Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ) di Kota Gunungsitoli yang berkembang akhir-akhir, menurut dia hal tersebut merupakan kabar yang menggembirakan sebagai cikal bakal tempat tumbuh dan berkembangnya para calon qori/qori’ah Kota Gunungsitoli pada masa-masa mendatang.

Tidak lupa ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Herman Jaya Harefa, S.Pd.K memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan MTQN ke IV Kota Gunungsitoli Tahun 2015. Tidak lupa dia berjanji akan mendukung usulan bersama Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk melakukan penambahan anggaran pada APBD ke depan untuk pembiayaan pelaksanaan MTQ di Kota Gunungsitoli sebesar Rp. 300 juta.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.