Beranda ›› Foto & Video ›› Kapolres Nias AKBP.Bazawato Zebua, SH, MH : Polisi Jamin Rasa Aman Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Kapolres Nias AKBP.Bazawato Zebua, SH, MH : Polisi Jamin Rasa Aman Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Nias Barat | suarasumut.com — Kapolres Nias AKBP.Bazawato Zebua, SH, MH memberitahu, pengaman yang dilakukan kepolisian pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah melakukan pengamanan dengan menjamin terselenggaranya distribusi logistik pilkada dengan aman.

Menjamin rasa aman para pendukung, penyelenggara, peserta, pendukung/simpatisan, terselenggaranya seluruh rangkaian kegaitan pilkada dengan aman, tertib dan lancar, serta menjamin rasa aman masyarakat, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya secara demokratis.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Nias, saat mamaparkan kesiapan pengamanan Pilkada yang akan digelar tanggal 9 Desember 2015, dan dihadiri Ketua KPUD Nias Barat Cakraeli Gulo, Ketua DPRD Nias Barat Nitema Gulo, Wakil Bupati Nias Barat Hermit Hia, Dandim 0213 Nias Letkol Inf. Luhut B. Sidabariba, Sekda Nias Barat Zemi Gulo dan Panwaslih Nias Barat di Onolimbu, Kabupaten Nias Barat, Senin (23/11).

Menurut Kapolres , situasi yang dapat mempengaruhi pelaksanaan Pilkada adalah sumber potensi konflik paslon, Black Campaign, Money Politik, Provokasi, Rekrutmen Relawan yang tidak tepat.

Selain itu, karakteristik masyarakat dimana masyarkat yang masih berpegang teguh adat istiadat, masyarakat mudah terprovokasi oleh isu yang belum tentu kebenaranya, serta geografis daerah atau letak geografis yang merupakan kepulauan dimana beberapa daerah belum terjangkau alat komunikasi dan bencana alam.

Akar permasalahan yang sering menimbulkan konflik adalah masalah keakuratan DPT, politisasi birokrasi, manipulasi suara, ketidak netralan penyelenggara pilkada dan perseteruan pribadi antar calon.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Nias memberitahu, untuk pengamanan Pilkada di wilayah Nias Barat, jumlah personil yang dilibatkan ada sebanyak 624 orang personil. Dari 624 personil tersebut, Polri 176 orang, bantuan TNI 30 Orang, petugas TPS/Linmas 418 orang, dengan jumlah TPS sebanyak 209, serta jumlah DPT 57.892 orang.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat di Nias Barat untuk ikut serta mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2015. Siapapun yang terpilih adalah saudara kita. Kerusuhan akibat Pilkada hanya merugikan kita sendiri,”tegas Kapolres Nias.(ih/ss/nb)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.