Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Kadistan Labura, Bibit Padi Varitas Hibrida Optima Membuat Hasil Panen Petani Meningkat

Kadistan Labura, Bibit Padi Varitas Hibrida Optima Membuat Hasil Panen Petani Meningkat

Aek Kanopan, suarasumut.com – Setiap para petani pasti mendambakan panennya berhasil dan mendapatkan hasil panen yang meningkat, panen merupakan sesuatu yang ditunggu tunggu para petani apalagi hasil panen diperoleh sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan banyaknya para petani melakukan alih fungsi lahan pertaniannya menjadi lahan perkebunan kelapa sawit membuat pemerintah bekerja keras untuk mempertahankan lahan pertanian yang telah tersedia untuk tidak dialih fungsikan. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara lewat dinas pertanian coba melakukan terobosan dengan cara menawarkan bibit padi Varitas Hibrida Optima kepada para petani melalui kelompok tani yang ada, ini semua bertujuan untuk meningkatkan hasil panen para petani.

Kepala Dinas Pertanian Labura Fahruddin Nasution, SP, Selasa (07/07) diruang kerjanya menerangkan kepada suarasumut.com bahwa dengan memakai bibit padi Varitas Hibrida Optima para petani mendapatkan hasil panen yang memuaskan dan tentu akan meningkatkan nilai ekonomi para petani. Bibit Varitas hibrida Optima didapatkan dengan cuma cuma dari hasil kerjasama dengan supliyer dari RRC.

“Kemarin, Senin (06/07) petani melakukan panen perdana di Desa Gunung Melayu, Dusun Sinar Toba dan Dusun III Kampung Lalang Kecamatan Kualuh Selatan, petani terlihat sangat semangat karena adanya peningkatan hasil panen yang tidak pernah dialami mereka selama ini. Karena sebelumnya hasil panen mereka hanya bisa dikisaran 5,2 ton/ha, tapi lewat bibit padi varitas hibrida optima yang kita tawarkan hasil panen meningkat menjadi dirata rata 8,5 ton/ha,”tutur Kadis semangat.

Hasbullah, Ketua Kelompok Tani Fajar Blok Istimewa juga menuturkan kepada suarasumut.com bahwa lewat peningkatan hasil panen perdana dengan bibit padi Varitas hibrida optima membuat semangat para petani kembali, dimana selama ini para petani banyak mau mengalih fungsikan lahannya menjadi lahan perkebunan sawit. Tapi lewat adanya peningkatan hasil panen para petani, mereka mengurungkan niatnya untuk menjadikan lahan sawit.

“Kami dari petani yang tergabung dalam kelompok kelompok tani sangat berterima kasih kepada dinas pertanian Labura yang telah memberikan perhatiannya lewat pemberian bibit padi varitas hibrida optima, sehingga hasil panen padi kami meningkat dan kehidupan ekonomi kami juga naik,”ujar Ketua Koptan Fajar.(cc/ss/lu)

Lihat Juga

Wakil Bupati Labusel Lepas Pawai Takbir Kendaraan Hias Idul Adha 1440 H/2019 M

Labusel | suarasumut.com –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengelar Pawai Takbir Hari Raya Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.