Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Kadisdukcapil, Penulisan Tempat Lahir Pakai Nama Kabupaten/Kota

Kadisdukcapil, Penulisan Tempat Lahir Pakai Nama Kabupaten/Kota

GUNUNGSITOLI, suarasumut  —  Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Drs.Ya’aro Harefa memberitahu jika untuk penulisan tempat lahir pada Akte Kelahiran saat ini sudah menggunakan nama Kabupaten/Kota dimana pemohon dilahirkan. Tujuannya adalah untuk menertibkan adminitrasi kependudukan di Kota Gunungsitoli.

Ya’aro yang ditemui wartawan di ruang kerjanya di kantor Disdukcapil Kota Gunungsitoli, jalan Pancasila, Kota Gunungsitoli, Selasa (1/7) menjelaskan jika ketentuan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 19 tahun 2010.

Kepada wartawan, Ya’aro mengungkapkan, sebelumnya penulisan nama tempat lahir di Akte Kelahiran tidak ada ketentuan, sehingga warga kerap memberikan nama dusun atau nama desa, sehingga menyuitkan pemerintah dalam melakukan pendataan tempat kelahiran pemohon.

Sehingga untuk menertibkan hal tersebut, Mendagri mengeluarkan peraturan nomor 19 tahun 2010, yang mana dalam Permendagri tersebut ditegaskan untuk mengisi tempat kelahiran pada Akte Kelahiran, maka harus nama Kota/Kabupaten dimana yang bersangkutan lahir.

Tetapi peraturan tersebut tidak berlaku bagi masyarakat yang sudah terlanjur mengurus Akte Kelahirannya, tetapi mulai diwajibkan kepada masyarakat yang belum memiliki Ijazah dan Akte kelahiran.(sp/ss/gs)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.