Beranda ›› Headline ›› Kades Safril Wujudkan Aspirasi Masyarakat Demi Kemajuan Desa

Kades Safril Wujudkan Aspirasi Masyarakat Demi Kemajuan Desa

Sergai | suarasumut.com  –  Dalam meningkatkan pembangunan khususnya disetiap desa,Pemerintah menyalurkan dana yang biasa disebut Dana Desa (DD) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang disalurkan ke setiap desa untuk pembangunan infrastruktur jalan demi kemakmuran masyarakat.

Seperti di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN, desa tersebut menyalurkan sesuai dengan peruntukannya untuk membangun infrastruktur jalan serta bangunan lain yang dibutuhan masyarakat sekitar.

Pada Tahun 2015 lalu Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin dari Dana Desa (DD) telah membangun beberapa jenis seperti, Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun I sepanjang 600 meter,dan WC umum sebanyak 6 titik disetiap dusun. Sementara dari ADD diperuntukan pembangunan tugu, pagar kuburan, poskamling, dan taman desa yang berada di pusat jantung desa.

Seiring berjalannya waktu di tahun 2016 Kepala Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin melalui musyawarah desa,mengambil setiap prakarsa dan usulan masyarakat disetiap dusun untuk pembangunan selanjutnya dengan Dana Desa (DD) tahun 2016.Dari hasil musyawarah desa tersebut Kades Safril serta perangkat desa bersama dengan masyarakat berkomitmen melaksanakan pembangunan sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

Kepada suarasumut.com Kades Bagan Kuala Safril, Senin (7/11) menjelaskan,dari hasil Musrembang Desa dan Musyawarah Dana Desa (DD) tahun 2016 kemarin sudah melaksanakan pembangunan diantaranya, Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 800 meter di Dusun I,tangkahan perahu di Dusun III, tempat mencuci umum sebanyak 7 unit, jalan setapak sepanjang 300 meter di Dusun I, serta sumurbor di Dusun I dan II.

Sesuai dengan visi tambah Kades, bahwa sebelumnya ingin melakukan perubahan terhadap desa dengan melakukan pembangunan dan perubahan pola pikir masyarakat agar “merasa memiliki’ terhadap segala jenis bangunan yang ada,baik itu pembangunan dari Desa maupun dari Pemerintah Kabupaten agar terpelihara dengan baik dan kedepannya akan membuat permohonan untuk pembangunan tembok pemecah ombak disekitar pantai Desa Bagan Kuala.

Sebelumnya ditempat terpisah Camat Tanjung Beringin Sudarno,S.Sos, Sabtu (5/11) menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Kades atas perhatian dan dukungannya dalam membangun desa yang dipimpinnya. “Hal ini sesuai dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka negara kesatuan,”ujar Camat.

Beberapa masyarakat saat ditemui suarasumut.com, Nurcahaya (60) warga dusun I mengatakan,masa kades sekarang alhamdulillah banyak perubahan dan perhatian terhadap kebutuhan umum masyarakat.

Senada dengan Nurcahaya, warga Dusun II Haliyah (38) menuturkan, dengan segala perhatian kepala desa. “Kami berharap kedepannya Safril tetap bisa menjadi kepala desa, karena sudah banyak melakukan perubahan dan mengerti akan kebutuhan masyarakat,”ucap warga.

Menyangkut perubahan Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin, Ketua Sergai Pers Club (SPC) Azwen Fadlye angkat bicara mengenai tembok pemecah ombak disekitar pantai sangat dibutuhkan. Karena dengan adanya abrasi ditakutkan Desa Bagan Kuala akan terkikis habis seperti yang sudah terlihat saat sekarang ini daratan kurang lebih satu kilo terkena abrasi.

Untuk itu diharapkan Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi dapat kiranya membangun tembok pemecah ombak, karena itu merupakan satu-satunya jalan untuk mengurangi pengkikisan lahan daratan yang masih ada. Dengan adanya tembok pemecah tersebut dapat menghempang derasnya ombak sehingga kelestarian pantai khususnya di Desa Bagan Kuala dapat terjaga dengan baik.(az/sssb)

Lihat Juga

Sholat Idul Adha 1440. H/2019, Lapangan SB3 Kotapinang, Dipadati Ribuan Umat Muslim

Labusel | suarasumut.com  –  Ribuan Ummat islam memadati lapangan SBBBK Kotapinang melaksanakan Sholat sunnah Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.