Beranda ›› Foto & Video ›› Jumlah Pemilih Di Kota Gunungsitoli 99.754 Jiwa

Jumlah Pemilih Di Kota Gunungsitoli 99.754 Jiwa

Gunungsitoli, suarasumut.com — Dari 137.206 jumlah warga Kota Gunungsitoli, yang berhak menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Gunungsitoli yang akan digelar tanggal 9 Desember 2015, adalah sebanyak 99.754 jiwa.

Jumlah tersebut bertambah sebanyak 13.297 jiwa, dari jumlah pemilih Kota Gunungsitoli yang berhak menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 yang lalu sebanyak 86.454 jiwa.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Gunungsitoli Sokhiatulo Harefa kepada wartawan, pada temu pers yang digelar di kantor KPUD Kota Gunungsitoli, di Desa Dahana Tabaloho, Kota Gunungsitoli, Sabtu (27/6).

Menurut Ketua KPUD, jumlah pemilih di Kota Gunungsitoli tahun 2015, berasal dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) yang diterima KPUD Kota Gunungsitoli dari sistim aplikasi daftar pemilih, Rabu (24/6). Data dari DP4 masih disinkronkan dengan Jumlah pemilih yang dimiliki KPUD Kota Gunungsitoli, kemudian dikirim ke KPU pusat.

“Jumlah pemilih yang berasal dari DP4 masih kita sinkronkan dengan data yang kitamiliki, hasilnya kemudian kita kirim ke KPU pusat. Namun, data tersebut belum menjadi daftar pemilih tetap (DPT), karena kita terus menyortir nama pemilih dari DP4 hingga terbit daftar pemilih sementara (DPS),” jelas Sokhiatulo.

Setelah DPS dimuktahirkan dengan mencocokkan data dilapangan dalam waktu yang lama, bulan Oktober 2015, KPUD Kota Gunungsitoli menerbitkan DPT.

Kepada wartawan, Ketua KPUD Kota Gunungsitoli menjelaskan, jumlah pemilih di Kota Gunungsitoli bisa bertambah hingga 13.297 jiwa, karena hingga 9 Desember 2015, banyak warga Kota Gunungsitoli yang usianya mencapai 17 tahun dan menjadi pemilih pemula. Selain itu, ada warga Kota Gunungsitoli yang usianya belum mencapai 17 tahun, tetapi telah menikah dan TNI/Polri yang telah pensiun.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.