Beranda ›› Foto & Video ›› Jelang HKGB Ke – 63, Bhayangkari Madina Gelar PAP SMEAR

Jelang HKGB Ke – 63, Bhayangkari Madina Gelar PAP SMEAR

Panyabungan, suarasumut.com – Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 63 tahun 2014, Bhayangkari cabang Mandailing Natal menggelar berbagai kegiatan, diantaranya pemeriksaan Pap Smear gratis. Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian akan kesehatan ibu – ibu anggota Bhayangkari cabang Mandailing Natal ini di gelar di Aula Kamtibmas Polres Mandailing Natal (12/8).

Selain Kapolres Mandailing Natal AKBP MARDIAZ K.D S.Ik.M.Hum dan Ketua Bhayangkari Cabang Mandailing Natal Ny. Tasha Mardiaz, acara juga dihadiri dr. Yufi Permana, dr. Emmy Evawani sebagai narasumber dan Prodia Padang Sidempuan serta dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS).

Kapolres Mandailing Natal AKBP MARDIAZ K.D S.Ik.M.Hum, selaku Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Mandailing Natal dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Pap Smear ini terlaksana karena adanya kerjasama dengan BPJS cabang Mandailing Natal.

“ Kegiatan ini bertujuan memberikan manfaat tentang pentingnya pengecekan rutin terhadap bagian paling berharga di tubuh ibu – ibu Bhayangkari cabang Mandailing Natal sekalian, selain itu pola hidup masyarakat yang saat ini sering mengkonsumsi makanan – makanan instan, soda dan sayuran yang mengandung pestisida dapat menyebabkan penyakit yang bersarang ditubuh kita, “ tambah Kapolres.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Cabang Mandailing Natal Ny.Tasha Mardiaz dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak – pihak yang ikut serta berpartisipasi dalam acara ini seperti para medis dari RSUD Panyabungan, Prodia Padang Sidempuan dan juga BPJS Kab. Mandailing Natal.

“ Acara ini juga tidak terlepas dari petunjuk dan arahan ibu Ketua Bhayangkari Daerah Sumatera Utara Ny. Susi Syarief Gunawan. Tujuan dari acara ini untuk satu tujuan mulia yakni kepedulian terhadap kesehatan ibu – ibu di organ intim wanita yang merenggut nyawa terbesar nomor 2 setelah kanker payudara. Dengan diadakannya pemeriksaan Pap Smear secara gratis ini diharapkan dapat mendeteksi lebih awal ada atau tidaknya bibit dari kanker serviks yang merupakan momok terbesar bagi para wanita di Indonesia, “ kata Ketua Bhayangkati Cabang Mandailing Natal Ny. Tasha Mardiaz.

Diakhir sambutannya, Ny.Tasha Mardiaz menjelaskan bahwa kegiatan Pap Smear secara gratis tersebut juga dirangkaikan dengan acara Halal Bihalal Bhayangkari Cabang MAndailing Natal, sekaligus pertemuan rutin bulanan.

Dalam penjelasannya, dr Yufi Permana menjelaskan tentang arti Pap Smear adalah Screening test untuk wanita kanker serviks tanpa gejala. Gejala akan terlihat pada stadium 2 hasil akhir jelek. Kanker Serviks adalah kanker yang terjadi pada leher rahim / mulut rahim (serviks). Serviks adalah daerah yang berhubungan rahim uterus dan vagina. Kanker serviks terjadi / berkembang ketika sel yang abnormal dalam serviks mulai membelah diri tanpa terkendali. Sel abnormal pada serviks dapat berkumpul menjadi tumor.

Kanker serviks di sebabkan oleh Human Papilomavirus (HPV) adalah virus yang “cerdas” infeksi yang terjadi bisa tidak terdeteksi pada jangka waktu yang kama. Pencegahan kanker serviks yang ideal melalui vaksinasi dan deteksi dini. Pap Smear sebagai deteksi dini merupakan pengambilan sel dari serviks, diperiksa dengan mikroskop untuk mengetahui adanya kelainan pada serviks.Di akhir penjelasannya dr.Yufi memberikan penekanan bahwa kanker serviks adalah kanker yang banyak menyebabkan kematian pada perempuan. Kanker Serviks dapat dicegah dengan deteksi sedini mungkin dengan Pap Smear, Edukasi mengenai Kanker Serviks dan Vaksinasi HPV Vaksin.(cc/ss/md)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.