Beranda ›› Hukum & Kriminal ›› ISU BEGUGANJANG KEMBALI “HANTUI” MASYARAKAT SEI TAROLAT BILAH HILIR

ISU BEGUGANJANG KEMBALI “HANTUI” MASYARAKAT SEI TAROLAT BILAH HILIR

Labuhanbatu,suarasumut.com – Ratusan masyarakat di beberapa daerah pagi 13/5,sekitar pukul 09.00wib kembali dihebohkan dengan penemuan sosok patung yang diduga kuat titisan beguganjang.

Setelah sebelumnya di desa selat besar,kini beguganjang mengguncang beralih di desa sei tarolat kecamatan Bilah Hilir,Kabupaten Labuhanbatu.

Masyarakat pun tidak ingin melewatkan upacara ritual pengambilan sosok beguganjang yang digelar di rumah salah seorang warga dusun tualang pasar kilometer 14 desa sei tarolat bermarga Sianturi ini.

Untuk menghindari amukan warga setempat,jajaran Polsek Bilah Hilir pun mengerahkan tujuh orang personel, yang dibantu aparat desa setempat.

Kepala Desa Sei Tarolat Rojali, saat berada dilokasi kejadian mengatakan kalau upacara ritual ini memang sudah lama di inginkan warganya,karena selama kurun waktu satu bulan ini,telah banyak korban nyawa yang disinyalir perbuatan beguganjang.

Rojali juga menambahkan kalau masyarakat khususnya suku Tapanuli ini sebelumnya telah membuat kesepakatan, akan meninggalkan desa bila ada ditemukannya beguganjang dirumah salah satu warga setempat, dan hal ini merupakan sanksi adat yang telah disetujui bersama.

“ Mereka sudah membuat kesepakatan secara adat-istiadat,kalau kedapatan memelihara beguganjang maka dalam waktu tujuh hari atau satu minggu pemilik rumah harus rela pergi meninggalkan desa ini,”sebutnya.(ta/ss/ra)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.