Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Ir.H.Tengku Erry Nuradi Akui Potensi Wisata Pulau Nias Mendunia

Ir.H.Tengku Erry Nuradi Akui Potensi Wisata Pulau Nias Mendunia

Nias | suarasumut.com – Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi mengakui jika potensi wisata Kepulauan Nias cukup mendunia. Potensi wisata yang cukup mendunia tersebut adalah wisata bahari, surfing dan lompat batu.

Hal tersebut diungkapan Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi dalam arahannya ketika menutup pelaksanaan Pesta Ya’ahowu Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias di Taman Ya’ahowu, Jalan Lagundri, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Sabtu (26/11).

Namun, dia berharap wisata di Pulau Nias terus digelorakan, dikembangkan, dan dipromosikan hingga ke seluruh daerah, supaya dapat menambah jumlah wisatawan yang berkunjung di Kepulauan Nias.

Supaya dapat menambah jumlah wisatawan yang berkunjung di Kepulauan Nias. hal tersebut juga dapat meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan daerah bidang pariwisata di Kepulauan Nias.

Gubernur Sumatera Utara juga menyampaikan jika Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyambut baik acara pelestarian budaya, dan peningkatan potensi pariwisata, kerajinan, keterampilan dan kuliner di Pulau Nias. Bahkan, dia kagum dengan upaya pemerintah daerah se Kepulauan Nias dalam mendorong event tersebut, dengan cara membantu mendukung penyelenggaran dengan memberikan dana stimulus sebesar Rp100 juta per Kabupaten/Kota.

Dia meminta agar dilakukan perbaikan infrastruktur dan pembenahan, supaya kegiatan tersebut lebih baik dari tahun ke tahun. Selain itu, dia mengimbau seluruh stakeholder untuk berupaya dan bahu membahu memajukan daerah Kepulauan Nias. Kepada masyarakat Pulau Nias, Gubernur mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, kenyamanan dan ketertiban di Kepulauan Nias.

Sebelum menutup arahannya, dia berharap kegiatan Pesta Ya’ahowu ke depan teragenda dengan baik, sehingga tercatat dalam agenda Kementerian Pariwisata. Pesta ya’ahowu juga diharapka untuk dijadwalkan tiap tahun, supaya Kementerian Pariwisata dapat melakukan promosi melalui media cetak maupun online kepada seluruh wisatawan domestik bahkan mancanegara.

Tujuannya, supaya Kepulauan Nias yang masuk 85 kawasan pengembangan Pariwisata Nasional bisa meningkat lebih baik dan membantu pendapatan asli daerah dan penghasilan masyaraka.

Di tempat yang sama, sebelumnya Wali Kota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua telah memberitahu jika sektor Pariwisata dan budaya merupakan sektor pembangunan prioritas Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias, sebagaimana visi dan misi pemerintah daerah melalui peningkatan budaya dan seni, lapangan usah hotel dan restaurant, kesenian, keterampilan, kuliner, hiburan dan rekreasi.

Untuk itu, Pemerintah Kota Gunungsitoli mengharapkan dukungan dari semua pihak, baik masyarakat, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat untuk percepatan pengembangan kepariwisataan di Kepulauan Nias.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang turut berkontribusi dan menyukseskan pelaksanaan Pesta Yaahowu, dan ungkapan terimakasih juga disampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara, Deputi Pengembangan Destinasi Industri Pariwisata RI, Staf Ahli Kementerian Hukum dan HAM RI dan seluruh rombongan atas kehadirannya pada penutupan Pesta Yaahowu Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias.

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo, MM mewakili Forum kepala daerah (Forkada) se Kepulauan Nias juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kerja keras seluruh Kepala Daerah se Kepulauan Nias dan semua pihak dalam mewujudkan Kepulauan Nias menjadi salah satu tujuan destinasi wisata Indonesia.

Bupati Nias berharap agar apa yang telah dicapai dapat ditindaklanjuti oleh Pemprovsu dan Pusat, supaya tahun depan Kepulauan Nias masuk dalam nominasi pengembangan Destinasi Wisata NKRI. Pemprovsu dan Kementerian Pariwisata juga diminta tetap mendukung penuh pelaksanaan Pesta Yaahowu Kepulauan Nias yang kelak akan digalakkan setiap tahun.(al/ss-ni)

Lihat Juga

Sholat Idul Adha 1440. H/2019, Lapangan SB3 Kotapinang, Dipadati Ribuan Umat Muslim

Labusel | suarasumut.com  –  Ribuan Ummat islam memadati lapangan SBBBK Kotapinang melaksanakan Sholat sunnah Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.