Beranda ›› Foto & Video ›› Investor China Akan Bangun Solar Cell Di Kota Gunungsitoli

Investor China Akan Bangun Solar Cell Di Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli, suarasumut.com – Dalam waktu dekat, investor China yang beralamat di Shanghai, akan membangun pembangkit listrik tenaga surya (Plts) atau biasa disebut Solar Cell di Kota Gunungsitoli.

Rencana pembangunan Solar Cell di Kota Gunungsitoli telah diawali dengan penandatanganan MoU antara Pemerintah Kota Gunungsitoli dengan pimpinan perusahaan Synshine Fund TD Management Co, L-Shanghai China, Alex Lee, di kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (10/6).
Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp yang ditemui wartawan usai penandatangan MoU dengan pimpinan perusahaan Synshine Fund TD Management Co, L-Shanghai China, Alex Lee, memberitahu, pembangunan Solar Cell di Kota Gunungsitoli akan dimulai tahun ini.

Pembangunan Solar Cell tidak memakan waktu yang lama, dan hanya sekitar 6 bulan sudah selesai. Selain membangun Solar cell, perusahaan Synshine Fund TD Management Co, L-Shanghai China juga akan membangun Power Plank Independent (PPI) dan generator tenaga angin berkapasitas 25 mw x 2 atau 50 mw, dengan biaya seluruhnya $ 1,8 juta atau berkisar Rp 2 trillyun.

Pembangunan Solar cell, PPI dan generator tenaga angin di Kota Gunungsitoli, seluruhnya dibiayai oleh perusahaan Synshine Fund TD Management Co, L-Shanghai China, baik itu pengadaan lahan maupun pembangunan unit. Pemkot Gunungsitoli hanya menfasilitasi pengurusan izin dan menunjukkan lahan dimana perusahaan China tersebut bisa membangun.

“Pemkot Gunungsitoli tidak dibebankan biaya apapun, dan hanya menfasilitasi izin serta menunjukkan lahan dimana Solar cell bisa dibangun. Solar Cell, PPI dan generator tenaga angin akan dibangun perusahaan China di lahan seluas 70 hektar, sehingga kita berharap masyarakat membantu agar investor dapat membeli lahan yang mereka inginkan dengan harga terjangkau,” tutur Drs.Martinus Lase, M.Sp.
PLTS Bisa Dicicil

Tidak lupa, Walikota mengungkapkan, masyarakat Kota Gunungsitoli dapat menikmati listrik tenaga surya di rumah masing masing, dengan membeli alat pembangkit dengan sistem cicilan. Apabila cicilan selesai, masyarakat tidak perlu membayar iuran seperti listrik PLN, kecuali biaya perawatan.

“Keuntungan yang kita dapatkan dengan dibangunnya colar cell di Kota Gunungsitoli, daya listrik di Kota Gunungsitoli bertambah besar, sehingga perusahaan bisa dibangun di Kota Gunungsitoli. Masyarakat bisa membeli alat pembangkit listrik tenaga surya untuk rumahnya dengan sistem dicicilan, dan Colar Cell, PPI dan Generator Tenaga Angin tersbeut akan menjadi milik Pemkot Gunungsitoli kemudian hari,” terang Walikota Gunungsitoli.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.