Beranda ›› Headline ›› Illegal Loging Bebas Melenggang, Hutan Lindung Di Panai Tengah Ludes

Illegal Loging Bebas Melenggang, Hutan Lindung Di Panai Tengah Ludes

Panai Tengah, suarasumut.com – Hukum bagi perambah hutan lindung dikawasan Panai Tengah Labuhanbatu agaknya sudah tidak lagi ditegakkan, fenomena para pelaku illegal loging di kawasan hutan lindung sudah menjadi hal biasa.

Sementara intansi penegak hokum yang seharusnya dapat menertibkan pembalakan liar ini malah molor , hal ini tentunya dapat berakibat fatal bagi kelestarian ekosistem dan hutan lindung yang selama ini menjadi kebanggaan, sebab terancam punah.

Para pembalak liar bebas membabat habis isi hutan tanpa ada rasa takut melanggar hukum , padahal jelas – jelas sangsi berat menanti mereka sesuai yang tertulis di UU No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan Instruksi Presiden (Inpres) No 4 Tahun 2005 yang mengatur koordinasi antar Kementerian untuk memberantas illegal logging.

Kendati hukuman berat menanti mereka (pembalak liar) namun para pembalak liar ini tetap saja bebas melenggang tanpa takut kepada aparat penegak hukum. “Mana mungkin pembalak liar itu ditangkap,kan udah bayar setoran , buktinya sudah bertahun-tahun para pembalak liar ini bebas, paling kalu ditangkap.. besoknya dilepas,” ungkap salah seorang mantan pembalak liar.

Kalau sudah begini mentalitas oknum penegak hukum yang ada, maka tidak mustahil hutan lindung yang ada di Kecamatan Panai Tengah bakal tinggal cerita.(ta/ss/lb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.