Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Harga Raskin Di Labuhanbatu Diatas HET

Harga Raskin Di Labuhanbatu Diatas HET

Rantauprapat, surasumut.com – Harga Beras Miskin (Raskin) di Kabupaten Labuhanbatu,Sumatera Utara melebihi Harga Eceran Tertinggi(HET) yang telah ditetapkan dalam peraturan. Sebab, harga raskin di daerah ini mencapai Rp.2.500/kg,bahkan ada didaerah yang terpencil mencapai hingga Rp.3.500/kg.

Hasil pengakuan warga di Kecamatan Panai Hulu menyebutkan bahwa harga raskin di daerah itu mencapai Rp.2.500/kg. Dengan harga raskin yang jauh diatas HET tersebut tentunya sangat memberatkan warga setempat.

Selain melambung jauh diatas HET harga raskin, tidak menentunya jadwal raskin di daerah itu kerap dialami warga setempat. Sementara dasar hukum acuan HET raskin yang telah ditetapkan dalam peraturan yakni Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang pangan serta Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2002 tentang ketahanan pangan menyebutkan bahwa harga tebus raskin hanya Rp.1.600/kg.

“Harga raskin disini Rp.2.500/kg nya, selain setiap penyalurannya kami dijatah juga tidak tentu jadwalnya kapan datangnya raskin. Kalau kami tahu harga raskin yang telah ditetapkan dalam peraturan hanya Rp.1.600/kg tentunya harga raskin Rp.2.500/kg disini sangat memberatkan kami,”ungkap warga setempat.

Ironisnya,Pemkab Labuhanbatu yang diwakilkan Plt.Setda Ali Usman belum lama ini menerima penghargaan raskin Award 2013 dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H.Gatot Pujo Nugroho,ST. Dengan diterimanya penghargaan raskin award 2013 dari Gubsu tersebut bertolak belakang dengan realitanya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Sebab, dengan diterimanya penghargaan tersebut Gubsu menilai bahwa pendistribusian lancar dan harga raskin di Labuhanbatu standart HET sehingga penghargaan raskin award diberikan.

Pemkab Labuhanbatu melalui Kabag Ekonomi Adlin Tanjung saat diminta penjelasan tentang harga raskin diatas HET belum berhasil dikonfirmasi.

Sementara itu, hal yang sama juga dilakukan Camat Panai Hulu Muslih,SH saat diminta penjelasannya, Minggu (11/10) terkait harga raskin melambung jauh diatas HET.(ta/ss/ra)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.