Beranda ›› Foto & Video ›› Fakultas Teknik UMSU, Kembangkan Irigasi Air Tanah Dangkal

Fakultas Teknik UMSU, Kembangkan Irigasi Air Tanah Dangkal

Medan | suarasumut.com –  Fakultas Teknik UMSU terus berinovasi untuk mengembangkan produktivitas usaha Tani Desa Sambirejo Kabupaten Langkat dengan mitra Program Kelompok Tani, Bina Tani Desa Sambirejo Kab Langkat.

Hal ini merupakan wujud bantuan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melalui Program kemitraan masyarakat sebagai wujud pengabdian kami kepada masyarakat Demikian dikatakan Dekan Fakultas Teknik UMSU Munawar Alfansury Siregar, ST.,MT didampingi Wakil-wakil Dekan I dan III Dr. Ade Faisal, M.Sc dan Khairul Umurani,ST.,MT dalam siaran persnya (13/5) di ruang dekan Fakultas Teknik UMSU.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim PKM yang diketuai oleh Rizki Efrida, ST., MT sebagai anggota tim Tondi Amirsyah Putra, ST., MT, Citra Utami, ST., MT. Program ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan indeks pertanaman, pengembangan irigasi air tanah dangkal dialokasikan ke daerah-daerah tadah hujan,”jelasnya.

“Juga untuk daerah yang memiliki sumber-sumber air dalam bentuk sumur bor. Hal ini juga sebagai motivasi kepada Dosen-dosen Teknik UMSU untuk menghasilkan karyanya mulai dari ide, menganalisa hingga proses pembuatan produk/karya, yang merupakan wahana mengintegrasikan beberapa mata kuliah yang sudah dipelajari, dengan kemajuan teknologi, saat ini sumber ilmu pengetahuan sangat terbuka bebas, semua dapat mengaksesnya. untuk membangun rasa percaya tinggi dan jiwa kompetisi untuk bersaing tidak hanya di tingkat nasional namun juga di tingkat internasional,”ungkap Dekan Fakultas Teknik UMSU.

Rizki Efrida, ST., MT didampingi anggota tim Tondi Amirsyah Putra, ST., MT, Citra Utami menambahkan Irigasi air tanah dangkal ini merupakan bantuan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melalui Program kemitraan masyarakat sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

“Kami berharap nantinya irigasi air tanah dangkal dan perlengkapannya ini bisa bermanfaat bagi Desa Sambirejo, khususnya kelompok tani Bina Tani. Selain digunakan untuk pengairan irigasi, irigasi air tanah dangkal ini juga bisa digunakan sebagai pengairan untuk palawija dan tanaman holtikultura. Bantuan program kemitraan masyarakat ini berupa sumur bor kedalaman 8 M, dudukan mesin pompa, selang hisap, selang buang, pipa 2″ dan 3” serta mesin pompa air. Kami sangat berharap bantuan ini bapak/ibu jaga dan pelihara karena toh bantuan ini untuk bapak/ibu petani khususnya kelompok tani Bina Tani,”terangnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani Bina Tani Suefiadi yang didampingi Sekretaris Mahful menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, terutama kepada Tim Pelaksana, Bu Rizki Efrida, Bu Cita Utami, dan Pak Tondi Amirsyah Putra. “Kami selaku petani benar-benar terbantu dengan adanya irigasi air tanah dangkal ini. Kedepannya irigasi air tanah dangkal ini akan kami manfaatkan untuk pengairan irigasi, palawija dan tanaman holtikultura. Kami akan menggunakan dan memelihara bantuan ini dengan sepenuh hati,”tandasnya.(rd/ss-md)

Lihat Juga

Pemkab Labusel Raih Opini WTP Ke 6 Kalinya

LABUSEL | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan kembali terima penghargaan Opini WTP dari Badan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.