Beranda ›› Foto & Video ›› DPRD Tinjau Proyek Pemeliharaan Jalan Di Desa Hiligodu

DPRD Tinjau Proyek Pemeliharaan Jalan Di Desa Hiligodu

Gunungsitoli | suarasumut.com — Sejumlah anggota legislatif Kota Gunungsitoli meninjau pelaksanaan proyek pemeliharaan jalan ruas Delafiga, Desa Hiligodu menuju Ombolata Sihareo I Tabaloho, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, Rabu (16/11).

Monitoring legislatif yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, S.PdK bersama Ketua Komisi III bagian Pembangunan Alisokhi Harefa, juga dihadiri oleh Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Kota Gunungsitoli Yosafati Zebua.

Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa. S.PdK yang ditemui dilokasi proyek, mengaku sangat prihatin melihat pekerjaan pemeliharaan jalan ruas Delafiga, Desa Hiligodu menuju Ombolata Sihareo I Tabaloho, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli.

“Kita melakukan monitoring dan survei atas laporan warga, dan setelah tiba dilokasi, kita sangat prihatin melihat pekerjaan yang dilakukan CV.Vegaton, karena pengaspalannya asal jadi. Selain pengaspalan, pada item pekerjaan juga ada pelebaran jalan, dan sesuai pantauan kita, pekerjaan pelebaran jalan tidak ada lapisan bawah, dan hanya menggunakan batu ukuran 5×7,” sesal Herman.

Herman berharap Dinas PU Kota Gunungsitoli tegas dan memerintahkan pelaksana proyek untuk memperbaiki pekerjaannya. Menurut Herman, jalan yang harus ditangani kembali bisa mencapai ratusan meter.

Kabid Bina Marga Yosafati Zebua melalui PPK Syalom Mendrofa yang ditemui di kantor Dinas PU Kota Gunungsitoli, Jalan Tirta, Desa Sifalaete, Kota Gunungsitoli pada hari yang sama, mengakui jika dalam pekerjaan pemeliharaan jalan ruas Delafiga, Desa Hiligodu menuju Ombolata Sihareo I Tabaloho yang ditangani CV.Vegaton dnegan anam direktur Widayanti Mendrofa banyak kekurangan.

“Kita akui, dalam pekerjaan CV.Vegaton banyak yang kurang, dan sebelum legislatif turun, kita sudah menyurati Direkturnya untuk memperbaiki pekerjaan tersebut. Direkturnya sudah berjanji akan memperbaiki minggu depan, dan jika tidak juga diperbaiki, kita hanya membayar yang kita terima sesuai bobot pekerjaan, dan kita lakukan pemutusan kontrak,”tegas Syalom Mendrofa.

Syalom juga memberitahu, mereka sudah beberapa kali melakukan pembongkaran dalam proyek tersebut. Bahkan tembok penahan yang sudah dikerjakan tetapi retak sepanjang 21,5 meter tidak dibobot, dan dialihkan pada pembnagunan parit gendong sepanjang 25 meter, dan jalan yang harus diperbaiki sepanjang kurang lebih 400 meter.

“Direktur CV.Vegaton sudah kita perintahkan untuk mengalihkan volume pekerjaan tembok penahan yang retak ke pekerjaan pembangunan parit gendong sepanjang 25 meter. Banyak kendala yang kita hadapi dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut, selain jalan yang menanjak, kita juga tidak bisa maksimal melakukan pengawasan,” terang PPK Syalom Mendrofa.

Dari keterangan PPK, diketahui jika pekerjaaan pemeliharaan jalan ruas Delafiga, Desa Hiligodu menuju Ombolata Sihareo I Tabaloho, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli berasal dari dana DAK Reguler sebesar Rp 1,5 milliar. Pekerjaan jalan sepanjang 814 meter dan pembangunan parit serta tembok penahan.(al/ss-gs)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.