Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› DPRD Lihat Kondisi PKL Korban Penganiayaan Personil Satpol-PP

DPRD Lihat Kondisi PKL Korban Penganiayaan Personil Satpol-PP

Gunungsitoli | suarasumut.com — Sejumlah anggota DPRD Kota Gunungsitoli yang dipimpin Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, S.PdK membesuk pedagang kaki lima (PKL) korban penganiayaan. Yustina Harefa (37) pedagang langsat hingga kini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Gunungsitoli akibat dianiaya sejumlah personil Satpol-PP Kota Gunungsitoli, Jumat.

Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, S.PdK yang ditemui di RSU Gunungsitoli, Jalan Ciptomangunkusumo, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Selasa mengaku sangat prihatin atas apa yang dialami Yustina Harefa. “Kita prihatin apa yang dialami ibu ini. Kita akui Peraturan Daerah (Perda) terkait keamanan dan ketertiban telah disahkan, namun tidak ada pasal dalam Perda tersebut menyatakan Satpol-PP boleh melakukan kekerasan atau pemukulan. Yang ada hanya pasal menertibkan, atau melakukan langkah langkah persuasif dan mencari solusi kepada pedagang kaki lima untuk berjualan,” tegasnya Herman.

Dia memberitahu, sebelum membesuk korban, DPRD telah mengundang Satpol-PP dan para pedagang kaki lima serta suami korban untuk membicarakan dan mencari solusi terkait permasalahan yang terjadi. “Yang hadir dalam pertemuan pukul 10.00 wib tadi hanya pedagang kaki lima dan suami korban. Perwakilan dari Satpol-PP satupun tidak ada yang hadir, dan setelah saya hubungi kepala Satpol-PP melalui telepon seluler, dia berkilah belum mendapat undangan dan perintah dari Wali Kota,” ujar Ketua DPRD.

Kepada media, Herman menegaskan, DPRD telah melayangkan surat undangan kedua kepada Satpol-PP melalui Wali Kota Gunungsitoli, dan jika tidak diindahkan, DPRD akan melayangkan surat ketiga. Apabila undangan ketiga tidak juga diindahkan, DPRD akan menempuh langkah selanjutnya yang diputuskan dalam pembahasan.

Untuk diketahui, Yustina Harefa diduga dianiaya sejumlah personil Satpol-PP Kota Gunungsitoli di Jalan Ciptomangunkusumo, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli atau tepatnya disamping Bank BRI Cabang Gunungsitoli.

Dari pengakuan korban, diketahui jika sebelum dianiaya, korban menggelar buah langsat dagangannya diatas trotoar yang ada di depan kantor BANK BRI Cabang Gunungsitoli, Jalan Gomo, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Jum’at.

Tidak lama kemudian, sejumlah personil Satpol-PP Kota Gunungsitoli dengan mengendarai mobil Satpol-PP datang dan melakukan penertiban. Salah seorang personil Satpol-PP mengambil barang dagangan korban, sehingga terjadi tarik menarik antara korban dan personil Satpol-PP.

Akibat tarik menarik tersebut, langsat yang ada di dalam karung tumpah, sehingga korban marah dan mengejar personil Satpol-PP tersebut sambil melemparnya dengan langsat yang tumpah. Belum puas atas aksinya, korban mengambil pentungan yang ada diatas mobil Satpo-PP dan memukul personil Satpol-PP tersebut.

Kejadian tersebut akhirnya bisa diredam, dan sejumlah personil Satpol-PP yang mengendarai mobil meninggalkan lokasi kejadian. Namun, tidak lama kemudian, personil Satpol-PP kembali lagi dan mencari korban.

Korban yang ditemukan sedang menggelar dagangannya di Jalan Ciptomangunkusumo, ditarik paksa dan diseret beberapa meter diaspal. Belum puas menyeret korban, sejumlah personil Satpol-PP yang hingga kini belum diketahui identitasnya memukuli dan menendang korban.

Aksi pemukulan terhadap korban diakhiri setelah korban pingsan dan personil kepolisian dari Polres Nias tiba dilokasi kejadian. Akibat pemukulan tersebut, korban yang belum lama menjalani operasi besar mengalami luka lecet dan lebam di sekujur tubuhnya.

Plt.Kepala Satpol-PP Kota Gunungsitoli Murni Dharma Zebua yang sempat ditemui usai kejadian, membantah anggotanya ada melakukan penganiayaan terhadap korban. Bahkan dia menuding korban yang telah melakukan penganiayaan terhadap anggotanya, dan mempersilahkan korban melapor jika merasa telah dianiaya personil Satpol-PP.(al/ss-gs)

Lihat Juga

Sholat Idul Adha 1440. H/2019, Lapangan SB3 Kotapinang, Dipadati Ribuan Umat Muslim

Labusel | suarasumut.com  –  Ribuan Ummat islam memadati lapangan SBBBK Kotapinang melaksanakan Sholat sunnah Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.