Beranda ›› Foto & Video ›› DKP Sosialisasikan Pemanfaatan Bank Sampah

DKP Sosialisasikan Pemanfaatan Bank Sampah

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemko Tebingtinggi lakukan sosialisasi pemanfaatan sampah melalui Bank Sampah lokasi Bank Sampah Karya Mandiri Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan belum lama ini.

Kepala DKP, Hj.Rusmiati Harahap menyampaikan Kecamatan Rambutan dapat dijadikan barometer pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Kota Tebingtinggi, melalui kegiatan bank sampah, pengomposan dan kreasi daur ulang.

“Potensi perladangan organik yang dikelola bank sampah menjadi sebuah potensi yang dapat terus dikembangkan, dan ini merupakan hasil dari turunan pengomposan yang bahan bakunya adalah sampah,”ujarnya.

Disampaikannya, Pemerintah Kota Tebingtinggi tidak hanya sekedar menganjurkan saja, tetapi melalui DKP Tebingtinggi akan terus melakukan pendampingan untuk pengelolaan Bank Sampah untuk lebih baik dan profesional dalam pengelolaannya, dan tidak kalah dengan bank-bank sampah didaerah lain.

Hj.Rusmiati Harahap menyampaikan, tidak hanya Bank Sampah Karya Mandiri untuk meningkatkan perannya tetapi semua Bank Sampah yang ada di Tebingtinggi sebagai upaya menciptakan lingkungan bersih, hijau dan indah. Lebih dari itu melakukan kegiatan pengelolaan sampah secara teratur dan terencena dengan baik, akan dapat pula menunjang ekonomi keluarga, dengan uang sampah bisa membayar listrik dan air.

Sebelumnya, Camat Rambutan Zubir Husni Harahap menyatakan, menyambut baik kegiatan pengelolaan sampah diwilayah Kecamatan Rambutan, dan hal ini sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Rambutan.

“Kami percaya dengan pengelolaan sampah yang terpadu, selain mendatangkan tambahan ekonomi keluarga, juga dengan tumbuhan organik dan dikonsumsi akan menjadikan fisik lebih sehat dan aktifitas masyarakat semakin meningkat,”terang Camat.

Camat Rambutan berharap kepada Lurah yang berada diwilayah Kecamatan Rambutan agar ikut berperan serta bersama-sama dengan masyarakat untuk mengembangkan Bank Sampah diwilayahnya masing-masing. “Berikan motivasi kepada warga untuk memanfaatkan sampah yang selama ini tidak bermanfaat menjadi berguna dan menghasilkan,”harap Camat.

Pada kegiatan tersebut dilakukan juga Lounching Blogspot Kampoeng 3 R Lalang Bank Sampah Karya Mandiri sebagai media komunikasi dan promosi kegiatan Bank Sampah serta produk warga dan kelurahan se Kecamatan Rambutan.(ag/ss- tt)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.