Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Disperindagkop Kota Gunungsitoli Latih 20 Warga Membatik

Disperindagkop Kota Gunungsitoli Latih 20 Warga Membatik

Gunungsitoli, suarasumut.com — Sebanyak 20 orang warga Kota Gunungsitoli dilatih untuk membuat batik tulis oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Gunungsitoli. Pelatihan yang digelar di Museum Pusaka Nias, Kota Gunungsitoli 18-20 Desember 2014 dipandu Instruktur Suratno dari Deli Serdang.

Drs. Anna Dewi Sitorus Kadis Perindagkop dan UMKM Kota Gunungsitoli yang ditemui wartawan menjelaskan, peserta pelatihan yang berjumlah 20 orang, semuanya wanita. Mereka dilatih membuat batik tulis dan diberikan alat untuk membatik.

Tujuan pelatihan adalah untuk mengurangi pengangguran di Kota Gunungsitoli, dan Deperindagkop dan UMKM akan terus mengawasi dan membimbing terus para peserta yang telah ikut pelatihan, supaya mereka dapat berkarya.
Apabila peserta yang telah dilatih dan menerima bantuan alat tidak melanjutkan apa yang telah diterima selama pelatihan, alat yang diberikan akan ditarik kembali.

Di tempat yang sama, Suratno mengatakan peserta begitu semangat mengikuti pelatihan, sehingga bisa membuat batik tulis sesuai apa yang dia ajarkan dalam waktu tiga hari.

“ Kota Gunungsitoli merupakan satu satunya daerah di Pulau Nias dia pernah mengajar membatik, selain Siantar, Simalungun dan sejumlah sekolah sekolah yang ada di Sumatera Utara. Selama melatih saya tidak mengalami kendala, bahkan bangga Deperindagkop dan UMKM Kota Gunungsitoli menyediakan seluruh bahan dengan lengkap,” tuturnya.(sp/ss/gs)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.