Beranda ›› Headline ›› Dinkes Labusel Vaksin Polio Ribuan Balita

Dinkes Labusel Vaksin Polio Ribuan Balita

Kotapinang | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan melalui Dinas Kesehatan. Memberikan secara gratis vaksin polio pada pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang dipusatkan di kantor lurah Kotapinang, Selasa (8/3), Kemudian kegiatan Imunisasi gratis dilaksanakan serentak diseluruh kecamatan se Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kegiatan Pekan Imunisasi Nasional tersebut dihadiri oleh Kadis Kesehatan Tinur Bulan, Wakil Ketua PKK Kabu Siti Rabiatun, seluruh para Camat.

Pidato Presiden Joko Widodo yang dibacakan Wakil Ketua PKK Labuhanbatu Selatan Siti Rabiana, “memaparkan” bahwa program imunisasi merupakan salah satu program kesehatan yang paling efektif dalam pemmbangunan kesehatan. Terutama dalam pengendalian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi yang mencakup sasaran 5 juta orang bayi di seluruh Indonesia.

Pencapaian target program imunisasi memerlukan dukungan para pakar dari berbagai disiplin ilmu, termasuk para dokter spesialis ahli kesehatan masyarakat, dan ahli hukumm serta wakil-wakil dari jajaran lintas sektor serta organisasi profesi bidang kesehatan.

Tujuan utama pelaksanaan PIN yaitu mencapai penghapusan penyakit polio secara bertahap dengan mengurangi risiko penularan terhadap virus polio, memastikan tingkat kekebalan tubuh terhadap polio khususnya P2 di populasi (Herd Immunity) cukup tinggi dengan cakupan 95 % dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio.

Informasi yang dihimpun awak media saat menghadiri acara tersebut, jumlah balita usia 0 s/d 59 yang terdata mengikuti Vaksin polio gratis di seluruh kecamatan yakni kec.Kotapinang jumlah balitanya 6992 jiwa, Torgamba 11062, Silangkitang 6807, Kampung Rakyat 5804 dan Kecamatan Sungai Kanan berjumlah 6807 balita.

Nurhafni Bendahara Puskesmas Kotapinang saat dikonfirmasi tentang kegiatan pencanangan PIN tahun 2016, kata Dia, selain men vaksin Polio balita, pihak penyelenggara juga memberikan pengobatan gratis beberapa penyakit seprti, penyakit DBD, Virus Cika dan Kaki Gajah. “Semua pelayanan dan prasarana tidak dipungut biaya alias gratis,”katanya.

Ibu Atik (35) warga Lingkungan Bedagai Kotapinang sangat senang dan berterima kasih kepada panitia penyelenggara pencanangan PIN yang diadakan oleh pemerintah ungkapnya kepada awak media.(zr/ss-ls)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.