Beranda ›› Foto & Video ›› Dinas PU Bersama Lembaga Penelitian USU Konsultasi Ranperda IUJK Dan Rumija

Dinas PU Bersama Lembaga Penelitian USU Konsultasi Ranperda IUJK Dan Rumija

Gunungsitoli, suarasumut.com—Untuk dapat membuat Peraturan daerah tentang Ijin Usaha Jasa Kontruksi (IUJK) dan Ruang Milik Jalan (Rumija), Dinas Pekerjaaan Umum Kota Gunungsitoli bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan konsultasi (Sharing Publik) Ranperda IUJK dan Rumija.

Adapun nara sumber yang hadir pada konsultasi yang digelar Dinas PU Kota gunungsitoli dan Lembaga Penelitian USU adalah Prof.Dr.Ir.Harmein Nasution, M.Si (Ketua Lembaga Penelitian USU) dan Dr.Ali Nafias ST, M.Si, M.Iqbal Asuawi, SH serta Mirza Nasution, SH (anggota).

Pada acara konsultasi, Dr.Ali Nafias, ST, M.Si memberitahu, persaingan di bidang jasa kontruksi semakin kompetitif, persaingan tidak saja terjadi dalam lingkup nasional atau lokal, tetapi terjadi pada tingkat regional dan global.

Untuk itu, dianggap penting membentuk Peraturan Daerah (Perda) tentang IUJK, sehingga disusun naskah akademik yang berguna sebagai pokok pikiran serta menjadi bahan dasar penyusunan Ranperda Kota Gunungsitoli tentang IUJK.

Guna naskah akademik adalah memberikan pemahaman kepada pengambil kebijakan tentang retribusi penyelenggaraan dan pengelolaan IUJK dan tata cara penerapannya, serta memberikan kerangka hukum untuk perumusan ketentuan dan pasal pasal dari Ranperda IUJK serta sebagai pedoman teoritis dalam pengelolaan peraturan IUJK.

Badan usaha nasional yang menyelenggarakan usaha jasa kontruksi wajib memiliki izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah di tempat domisilinya, sehingga berdasarkan peraturan tersebut, Pemko Gunungsitoli harus memiliki Perda tentang IUJK yang memperkenankan Pemko Gunungsitoli mengutip retribusi terhadap IUJK.(sp/gs/gs)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.