Beranda ›› Foto & Video ›› Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli Gelar Pelatihan Sanggar Budaya

Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli Gelar Pelatihan Sanggar Budaya

Gunungsitoli, suarasumut.com — Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kota Gunungsitoli menggelar pelatihan sanggar budaya dan seni. Pelatihan yang diselingi dengan sosialisasi digelar tanggal 28 September 2015 – 1 Oktober 2015 di Hotel Dian Otomosi, Jalan Yos Sudarso, Desa Saewe, Kota Gunungsitoli.

Pada pembukaan, Senin (28/9), Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp memberitahu, pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2007 tentang Pedoman Fasilitasi Organisasi Kemasyarakatan Bidang Kebudayaan.

Keraton dan Lembaga dan Adat dalam Pelestarian Pengembangan Budaya Daerah diamanatkan untuk melakukan pelestarian dan pengembangan kearifan lokal serta pengembangan nilai-nilai budaya daerah.

Dia memberi apresiasi atas pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan sanggar budaya dan seni, dan berharap acara tersebut dapat menjadi momentum dalam membangun karakter dan modal sosial budaya pada proses pembangunan berkelanjutan yang sedang dilaksanakan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kebudayaan, Disparbudpora Kota Gunungsitoli Sari Isa Harefa mengungkapkan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan anggota sanggar dalam melestarikan dan mengembangkan potensi budaya.

Sesuai pantauan wartawan nara sumber pada kegiatan tersebut adalah Arofao Harefa, SPd, Lastri Sukarti Zebua, S.Sn, Benyamin Harefa, Tanobadodo Zebua dan Drs. Yas. Harefa.

Sanggar Budaya yang mengikuti kegiatan adalah Sanggar Seni “Bonio Ehowu” dari Kecamatan Gunungsitoli, Sanggar Seni “Hulayo” dari Kecamatan Gunungsitoli Barat, Sanggar Seni “Holilaraga” dari Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Sanggar Seni “Laria” dari Kecamatan Gunungsitoli Utara, Sanggar Budaya Bersatu dari Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan Sanggar Seni “Fahuwusa” dari Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa.

Acara pembukaan sosialisasi dan pelatihan sanggar budaya dan seni ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp. Pada acara tersebut juga terlihat hadir Wakil Walikota Gunungsitoli Drs.Aroni Zendrato, dan pengurus Lembaga Budaya Nias(LBN).(sw/ss/gs)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.