Beranda ›› Headline ›› Diguyur Hujan Lebat, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Diguyur Hujan Lebat, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Rantauprapat, suarasumut.com – Puluhan rumah terendam dilingkungkan Aek Tapa Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Utara. Akibat diguyur hujan lebat yang berlangsung selama 4 jam, Minggu (24/8). Menurut warga, banjir kiriman tersebut disebabkan terjadinya penyempitan sungai di Aek Tapa yang hanya berjarak 100 meter dari bibir sungai.

Hujan terjadi minggu dini hari yang dimulai pukul 00.30 wib hingga 03.30 Wib itu, membuat warga terpaksa mengungsikan barang-barangnya ke rumah tetangga yang berada didataran tinggi.

” Begitu hujan reda pukul 03.30 wib, tiba-tiba air naik dan masuk kedalam rumah dengan tinggi sepinggang orang dewasa. Terpaksalah diangkat semua barang-barang elektronik pagi hari itu juga, kerumah tetangga yang tidak terkena banjir,” ungkap Ari Lusbis (27) salah satu warga yang terkena banjir.

Menurut Lubis, sedikitnya ada 30 rumah yang terendam di lingkungan Aek Tapa akibat banjir kiriman dari sungai Talak Simin Kampung Sawah.

” Kata beberapa warga disini, banjir ini terjadi disebabkan banjir kiriman dari sungai talak simin kampung sawah yang mengalir ke sungai aek tapa,” ujarnya.

Namun menurut beberapa warga lainnya, kata Lubis, banjir tersebut terjadi disebabkan terjadinya penyempitan Sungai Aek Tapa .

” Menurut beberapa warga karena sungai aek tapa mulai menyempit. Apalagi, saat ini ada pembangunan ruko di pinggir Sungai Aek Tapa. Makanya, volume air yang deras ketika hujan turun tidak mampu mengalir seutuhnya, sehingga sungai tersebut meluap dan merendam rumah warga,”ucapnya.

Untuk itu, Lubis berharap kepada pemerintah agar mencari solusi mengatasi banjir yang melanda lingkungan Aek Tapa.

Sementara itu, wakil Bupati Labuhanbatu Suhari Pane,SIP ketika dikonfirmasi meminta agar warga bersabar atas musibah tersebut dan akan mencari solusi atas masalah banjir yang menerpa warga lingkungan aek tapa.

” Setiap pembangunan seharusnya memikirkan dampak dari lingkungan sekitar, sehingga tidak merugikan banyak orang. Namun begitu, kami akan mencari solusi untuk mengatasi banjir tersebut,” katanya saat dihubungi via HP.
Pantauan, Puluhan rumah warga terendam air, sejumlah barang berharga dan elektronik terpaksa di ungsingkan ke rumah warga yang tidak terkena banjir. Air mulai surut sekitar pukul 13.00 wib dan warga mulai membersihkan rumah yang terkena banjir.(ao/ss/rp).

Lihat Juga

Wakil Bupati Labusel Lepas Pawai Takbir Kendaraan Hias Idul Adha 1440 H/2019 M

Labusel | suarasumut.com –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengelar Pawai Takbir Hari Raya Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.