Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Diduga Terima “Upeti” Dari Pengusaha Pukat Trol, Sat Pol Air Gelar Razia Ecek-Ecek

Diduga Terima “Upeti” Dari Pengusaha Pukat Trol, Sat Pol Air Gelar Razia Ecek-Ecek

Sei Berombang | suarasumut.com  –  Maraknya penangkapan ikan yang dilakukan pengusaha dengan menggunakan pukat trol/tarek sangat membuat resah para nelayan tradisional yang hanya menggunakan alat se adanya.

Padahal jelas telah diatur dalam UU dan peraturan Menteri tentang larangan penggunaan alat tangkap pukat trol ini, pasalnya selain tak ramah lingkungan, pukat trol ini juga dapat merusak habitat serta ekosistem hayati diperaian ini.

Ironisnya, pihak intansi yang memiliki kompeten seperti Satuan Polisi Air hanya diam, dan sesekali melakukan razia diperairan, seolah-olah terlihat eksis dalam mengemban tugas sesuai tupoksinya.

Hal ini jelas sangat dirasakan kerugiannya oleh nelayan tradisional, dimana pupolasi ikan yang seharusnya berkesinambungan, akan tetapi dengan maraknya pukat trol yang beroperasi membuat penghasilan nelayan tradisional menurun drastis.

Pihak Sat Pol Air sendiri terkesan mengelak dari tanggungjawabnya dalam hal melakukan pengawasan dan penindakkan terhadap persolan ini, terbukti saat dihubungi melalui via seluler, Selasa (24/5), Tarno selaku salah satu staf saat dihubungi via Hand Phone, dengan singkat menjawab ”tanyakan saja langsung ke Kasat Pol Air pak,”.

Sementara itu, Kasat Pol Air saat dihubungi via Hp melalui SMS, tak memberikan tanggapan apa pun terkait maraknya penggunaan Pukat Trol di wilayah hukumnya.

Menurut Samsul pegiat LSM LIPAN mengatakan kalau selama ini pihak pengusaha yang menggunakan pukat trol telah memberikan “Upeti”setiap bulannya kepada Intansi penegak hukum di wilayah Sei Berombang.

“Sudah disuap itu Sat Pol airnya, makanya kalau pun mereka melakukan razia, paling disaat pengusaha pukat trol itu tidak melaut, sebab selama ini tidak mungkin Sat Pol Air tidak bisa menangkap pengusaha pukat trol tersebut,”pungkasnya.(ta/ss-lb)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.