Beranda ›› Headline ›› Diduga Razia Ilegal, Pengemudi Prapradilkan Oknum Polantas Ke PN Rantauprapat

Diduga Razia Ilegal, Pengemudi Prapradilkan Oknum Polantas Ke PN Rantauprapat

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Brigpol Aidi.K oknum petugas lalu lintas yang bertugas di Polsek Bilah Hulu, Labuhanbatu di Prapradilkan Sabaruddin (27) warga Dusun Sei Sitorus Desa Jawi-jawi Kecamatan Panai Hulu Ke Pengadilan Negeri Rantauprapat, Senin (9/5).

Karena, mahasiswa yang berkuliah di salah satu Universitas di Rantauprapat ini mengaku di Razia oleh oknum Polisi yang bersama Bantuan Polisi (Banpol) saat mengemudikan mobil Avanza BK 1748 Qo saat melintas di Dusun Firdaus Desa Lingga Tiga kecamatan Bilah Hulu, Kamis (5/5) sekira pukul 13.00 Wib.

“Hari ini sudah kita masukkan permohonan Prapradilan. Mungkin dua minggu lagi sidang,”ucap Sabaruddin melalui Basyarul Ulya dan Nasir Wadiansan Harahap selaku kuasanya.

Dijelaskan Nasir, kliennya mengajukan gugatan ke Prapradilan ke PN Rantauprapat lantaran oknum Polisi berinisial A diduga melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Pemerintah No.80 tahun 2012 tentang persyaratan pemeriksaan.

“Bahwa tindakan tergugat yakni oknum polisi, dengan melakukan tilang atau penyitaan terhadap Surat Izin Mengemudi cacat Formil. sebab, petugas yang melakukan penilangan harus memiliki surat lengkap dari kesatuan. nah, pada saat melakukan penindakan, oknum petugas itu tidak memiliki surat lengkap. Sehingga kita menduga razia itu ilegal.  Jadi, untuk membuktikan itu maka kita lakukan Prapradilan,”terangnya.

Atas peristiwa itu, kata Nasir, penggugat atau kliennya sangat dirugikan secara moril dan materil karena peristiwa tersebut tidak sesuai prosedur dan sanggahan atau dakwaan kepada penggugat tidak benar.

“Kerugian Materil kita Rp. 3 juta untuk menyewa kendaraan rental selama tiga hari. Sedangkan kerugian secara moril kita cantumkan Rp 1 milyar,”tandasnya.

Sementara Humas PN.Rantauprapat D.Simbolon membenarkan adanya warga mendaftarkan permohonan pengajuan Prapradilan di PN Rantauprapat.

“Saya dengar tadi ada yang mengajukan Prapradilan, tapi belum tahu kapan sidangnya, sebab Majelisnya belum dihunjuk,”katanya.

Kasat Lantas Polres Labuhanbatu AKP Muktar Hasibuan belum berhasil dikonfirmasi terkait anggotanya di Prapradilkan.(ab/ss-rp)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.