Beranda ›› Hukum & Kriminal ›› Diduga Gelapkan Dana Desa, Polisi Diminta Tangkap Mantan Kades

Diduga Gelapkan Dana Desa, Polisi Diminta Tangkap Mantan Kades

Rantauprapat, suarasumut.com – Mantan Kepala Desa Sibargot, Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu, diduga gelapkan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 80 juta pada tahun 2013 hingga tahun 2014 sebesar 90 Juta. Bocornya isu itu ketika salah seorang Kepala Dusun berinesial B mengatakan kalau anggaran tersebut tak pernah disalurkan oleh mantan kepala desa tersebut.

Ironisnya lagi, gaji para Kepala Dusun (Kadus) yang semestinya diterima perbulannya 500 Ribu malah diberikan 183 ribu perbulan untuk para Kadus.

“Pastilah ada dugaan korupsinya terhadap mantan Kepala Desa itu, masak gaji kami saja disunatnya, pastilah anggaran yang diberikan pemerintah itu digelapkannya, kita minta pihak polisi untuk melidik oknum tersebut, jika
terbukti segeralah masukkan kejeruji besi,”kata B, Senin (22/6) pada suarasumut.com.

Menurutnya, sewaktu masa kepemimpinan mantan kepala desa tersebut sejumlah warga sudah banyak melaporkan dugaan tersebut kepihak kecamatan, tapi karena diduga oknum tersebut banyak duit sehingga diduga tindakan dari kecamatan tidak terkena padanya.

“Kita berharap dugaan dana yang ia gelapkan tersebut dapat terkuak,sehingga dari dana tersebut berjalan degan semestinya,”harap B.

Hal senada juga disampaikan NR atas dugaan penyelewengan Dana Bantuan Keuangan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk Desa Sibargot sebesar Rp 50 juta pada T.A 2012 namun dana itu hingga sekarang tidak jelas kemana arahnya.

“Bantuan Lembu, dan Mesin Jahit tak jelas lagi entah kemana, nampaknya mantan kades itu bukan membagun daerahnya melainkan memperkaya dirinya sendiri. Kita berharap Polisi dapat menindak lanjuti atas hal ini,”ungkap NR.

Sementara Sangkot Ritonga selaku mantan Kades dikonfirmasi melalui teleponnya membantah apa yang menjadi tudingan itu.

“Nggak mungkinlah ku makan semua, kan ada pertanggung jawabannya, orang yang bilang gitu karena tidak senang sama saya sajanya itu sebab saya ingin mencalonkan diri lagi sebagai Kades, jadi paham sajalah lawan politik pasti tidak suka sama saya,”terangnya.(ab/ss/rp)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.