Beranda ›› Headline ›› Diduga Dana ADD Desa Bagan Bilah Panai Tengah Tak Disalurkan

Diduga Dana ADD Desa Bagan Bilah Panai Tengah Tak Disalurkan

Panai Tengah, suarasumut.com – Alokasi Dana Desa (ADD) setiap tahun disalurkan pemerintah salah satu tujuannya guna menunjang roda pemerintahan desa serta untuk pembangunan infrastruktur desa.

Namun, penggunaan dana tersebut kerap menjadi olahan oknum kepala desa nakal menambah pundi-pundi sakunya. Seperti di desa Bagan Bilah Kecamatan Panai Tengah Labuhanbatu diduga tak sepenuhnya oleh Kades bersangkutan.

Informasi diperoleh Minggu (28/9) dana untuk infratruktur pengerasan badan jalan desa tidak sepenuhnya dilaksanakan.

Menurut, Ahmad Darwis Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Reformasi Kecamatan Panai Hulu mengaku melakukan investigasi lapangan melihat pengerjaan penimbunan yang dilaksanakan dengan informasi yang diperolehnya dari mantan Pelaksana tugas Kades Bagan Bilah Irul sebagai pengguna dana ADD 2013 masa itu.

Menurutnya, penimbunan jalan menggunakan dana ADD terlihat dilaksanakan panjangnya hanya 5 meter lebih, sementara hasil klarifikasi dan pengakuan di perolehnya dari mantan Plt kades itu penimbunan dilaksanakannya 400 meter.

“Tidak sesuai apa yang dikatakan mantan Plt itu dengan kenyataan dilapangan dan pengakuan masyarakat, jumlah material jenis batu kerikil hanya 5 truck. Jelas terindikasi dana ADD tak sepenuhnya disalurkan,”sebutnya.

Dipinta kata Ahmad Darwis, instansi terkait supaya meninjau ulang penggunaan dana ADD didesa itu, bahkan ia juga meminta pihak penegak hukum melakukan investigasi serta menyeret oknum mantan PLT kades itu yang terindikasi menyalah gunakan jabatan.”Dalam waktu dekat lembaga kita akan membuat laporan resmi berkaitan degan temuan tersebut,”ujarnya.

Sementara mantan PLT Kades Bagan Bilah Irul saat dipinta klarifikasinya melalui pesan singkat berkaitan dengan temuan lembaga itu menuliskan, bahwa sudah melaksanakan penimbunan sesuai ketentuan bahkan dikatakannya pelaksanaan ADD itu sudah di periksa inspektorat dan pihak PMD /K Labuhanbatu.(ta/ss/lb)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.