Beranda ›› Foto & Video ›› Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan, Tigor Hadirkan Guru Mengaji dan Mahasiswa Berprestasi

Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan, Tigor Hadirkan Guru Mengaji dan Mahasiswa Berprestasi

Rantauprapat, suarasumut.com  –  Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke- 69, Tanggal 17 Agustus 2014 yang berlangsung di Lapangan Ikabina Rantauprapat, Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD menghadirkan Guru Mengaji Program Labuhanbatu Mengaji dan Mahasiswa Berprestasi yang kuliah diberbagai Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia untuk bersama-sama merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-69 Tahun 2014 yang berthema “Dengan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita dukung suksesi kepemimpinan nasional hasil Pemilu 2014 demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang makin maju dan sejahtera”.

Dalam acara tersebut Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD pada Pidatonya mengatakan, Sejalan dengan peningkatan kondisi makro Kabupaten Labuhanbatu telah banyak capaian pembangunan yang kita hasilkan pada peningkatan pendapatan perkapita, yang tercermin dari peningkatan PDRB Kabupaten Labuhanbatu selama Periode 2010 sampai dengan 2015. Dimana PDRB Tahun 2010 adalah sebesar Rp.7,61 Trilyun menjadi sebesar Rp.9,52 Trilyun pada Tahun 2012 ditandai dengan meningkatnya pendapatan perkapita sebesar Rp.18.333.910 pada Tahun 2010 menjadi sebesar Rp.22.433.700 pada Tahun 2012. Kondisi ini mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi yang positif di Kabupaten Labuhanbatu, dimana pada Tahun 2010 sebesar 5,15 % menjadi sebesar 6,11 % pada Tahun 2012.

Dari sisi indeks pembangunan manusia telah berhasil kita tingkatkan dari Tahun 2010 yang sebesar 74,03 menjadi sebesar 75,13. Hal ini dapat dilihat dari angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah yang menggembirakan, angka harapan hidup yang terus meningkat.

Khusus di Bidang Pendidikan Tigor menjelaskan, Kita telah melaksanakan Pendidikan Gratis hingga Tingkat SMA/SMK dan Program bantuan bagi siswa-siswi Labuhanbatu yang berprestasi memasuki Perguruan Tinggi Negeri sebanyak 1133 siswa/siswi yang tersebar di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, serta bertambahnya 13 unit sekolah baru terdiri dari 2 unit SMK, 3 unit SMA, 7 unit SMP dan 1 unit SD serta perubahan status 2 SD Swasta menjadi Negeri.

Dalam pidatonya Tigor juga mengungkapkan berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan, baik di bidang Kesehatan, Ekonomi Kerakyatan dan bidang Infrastruktur serta Pelayanan Publik. Kata Tigor, Disamping kemajuan daerah yang berhasil kita laksanakan, Pemerintah Pusat juga mengapresiasi program kerja yang kita capai di Kabupaten Labuhanbatu. Diantaranya Pemberian Penghargaan Manggala Karya Kencana untuk Bidang Pembangunan Kependudukan, Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Bidang Ketenagakerjaan dan terpilihnya Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu menjadi Desa Teladan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2014 dan saat ini Kepala Desanya sedang mengikuti Temu Karya Nasional untuk diberi penghargaan dan mengikuti upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-69 di Jakarta.

“Inilah beberapa prestasi dari Pemerintah Pusat yang telah kita raih dan akan terus kita tingkatkan dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu,” kata Tigor menjelaskan.

Disisi lain Tigor juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Labuhanbatu untuk terus berkarya dan memberikan sumbangan pemikiran dan tenaga demi kemajuan Labuhanbatu pada masa-masa mendatang, dan mengharapkan partisipasi masyarakat Labuhanbatu untuk tetap mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta rasa solidaritas untuk menghindarkan diri dari upaya memprovokasi isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang berusaha memecah belah persaudaraan kita, serta menciptakan suasana yang kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya peranan dan partisipasi masyarakat serta menjamin ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Sebelumnya kegiatan tersebut diisi dengan penyerahan Teks Proklamasi dari Bupati kepada Ketua DPRD Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar untuk dibacakan pada saat detik-detik Proklamasi, setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penaikan bendera merah putih oleh pasukan Paskibraka. Bahkan setelah Bupati Labuhanbatu menyampaikan pidatonya, kegiatan dilanjutkan dengan menyaksikan atraksi Drumband SD Negeri 112200 Labuhanbilik Kecamatan Panai Tengah dan atraksi Drumband Kemala Bhayangkari menantikan kegiatan acara Devile dan Karnaval.

Sedangkan pada sore harinya, Wakil Bupati Labuhanbatu Suhari Pane, SIP dalam upacara penurunan bendera merah putih bertindak sebagai inspektur upacara, namun sebelum dilaksanakan penurunan bendera dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Penyerahan Piagam Juara Lomba Adipura Tingkat Kelurahan se Kota Rantauprapat yang meliputi Kecamatan Rantau Utara dan Kecamatan Rantau Selatan. Juara I, Kelurahan Ujung Bandar, Juara II Kelurahan Aek Paing, Juara III Kelurahan Padang Bulan dan Juara Harapan I diraih Kelurahan Sioldengan, Juara Harapan II Kelurahan Bakaran Batu, sedangkan Juara Harapan III diraih oleh Kelurahjan Padang Matinggi.

Selain itu juga diserahkan dana bantuan Purna Tugas dan Meninggal Dunia bagi Anggota Korpri di Kabupaten Labuhanbatu yang berjumlah 12 orang masing-masing sebesar Rp.15 Juta, 4 orang yang Purna Tugas sedangkan 8 orang yang meninggal dunia, khusus kepada yang meninggal dunia dana bantuan Korpri itu diserahkan kepada keluarganya oleh Plt. Sekdakab Labuhanbatu H Ali Usman Harahap, SH bersama perwakilan Unsur Muspida.(ta/ss/ra)

Lihat Juga

Sholat Idul Adha 1440. H/2019, Lapangan SB3 Kotapinang, Dipadati Ribuan Umat Muslim

Labusel | suarasumut.com  –  Ribuan Ummat islam memadati lapangan SBBBK Kotapinang melaksanakan Sholat sunnah Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.