Beranda ›› Foto & Video ›› Danramil Dan Pemkab Labusel Manfaatkan Lahan Tidur Ditanami Padi

Danramil Dan Pemkab Labusel Manfaatkan Lahan Tidur Ditanami Padi

Labusel | suarasumut.com  –  Danramil 11/KP Mayor Inf Ertiko Cholifa bersama Pemkab Labusel melakukan pembukaan lahan cetak sawah baru seluas 20 hektar di Dusun Si Tio Tio Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Selasa (29/3), sekitar pukul 10.00 WIB

Acara tanam padi bersama tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Asam Jawa Ali Borkat Hasibuan, Ketua Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Torgamba Sugiarto, puluhan prajurit TNI, para PPL Desa Asam Jawa serta Kelompok Tani Utama Sejahtera.

Danramil 11/KP Mayor Inf Ertiko Cholifa, dalam sambutannya mengatakan pencetakan sawah ini merupakan program pemerintah pusat bekerja sama dengan TNI untuk membuka pencetakan sawah baru di seluruh Indonesia untuk pencapaian ketahanan pangan bagi masyarakat.

“Sesuai dengan program ketahanan pangan nasional, kita pergunakan lahan tidur seluas 20 Hektar untuk lahan persawahan,”ungkapnya.

Ertiko Cholifa menambahkan, pihaknya sudah menurunkan para Babinsa dan personil TNI untuk bekerjasama dengan masyarakat membuka lahan yang akan dijadikan areal persawahan nantinya. “Sudah selesai 10 hektar dibuka lahannya, para kelompok tani yang sudah ditunjuk memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya secara maksimal, jangan sampai disia-siakan,”katanya.

Kordinator BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Torgamba, Sugiyarto berharap kiranya di Kecamatan Torgamba terciptanya lahan pangan yang baku dengan irigasi teknis. Tentunya dalam mewujudkan terealisasinya program ini butuh dukungan dari Pemkab Labusel. “Harapan kita di Torgammba tercipta lahan pangan yang baku,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Kades Asam Jawa, Ali Borkat Hadibuan “Lahan persawahan seluas 20 Hektar tersebut, akan dikelolah kelompok tani Sejahtera Utama”. Kades juga berharap, dalam waktu dekat akan diupayakan semua lahan terlantar dapat difungsikan sebagai lahan pangan dan tanaman hortikultura seperti tanaman palawija demi kesejahteraan masyarakat khususnya petani.(zr/ss-ls)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.