Beranda ›› Foto & Video ›› Danramil 11/KP Sidak Rutan Kotapinang, Berantas Narkoba

Danramil 11/KP Sidak Rutan Kotapinang, Berantas Narkoba

Kotapinang | suarasumut.com  –  Narkoba semakin marak ibarat seperti beli rokok dan sangat mudah di dapat,meskipun Bandar Bandar narkoba telah di tangkap namun masih saja narkoba beredar dikalangan masyarakat, untuk memberantas narkoba bukan hanya tugas pihak kepolisian namun seluruh kalangan aparat negara dan masyarakat, untuk mengantisifasi maraknya peredaran narkoba Danramil 11/KP Mayor Inf Ertiko Cholifa bersama Wadanramil Lettu Inf Bachtiar Siagian beserta 10 personil Koramil melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke Rutan (Rumah Tahanan) Cabang Kotapinang, Sabtu (12/3).

Dalam sidak tersebut, Mayor Inf Ertiko Cholifa didampingi Kacab Rutan Kotapinang Suherdi langsung melakukan pemeriksaan/ razia terhadap 132 orang warga binaan di Lapas Kotapinang dengan sasaran utama narkoba, senjata tajam, alat komunikasi dan alat-alat yang bisa digunakan untuk tindak kejahatan. Selain melakukan pemeriksaan terhadap tahanan, kamar dari pada tahanan juga diperiksa mulai dari tikar, bantal, tempat pakaian. Semuanya dikeluarkan dan diperiksa secara detail satu per satu.

Dari hasil pemeriksaan sesuai surat yang ditandatangani Antara Kacabrutan no W2.E26.UM.01.10-107 ditemukan 17 unit HP berbagai merek, baterai HP 11 unit, pisau cater 4 buah, gunting 1 unit, gergaji kecil 2 buah, pisau dari sendok 1 buah, alat hisap sabu/bong 1 buah, plastik kecil bungkus sabu kosong 12 buah yang dibungkus jadi 2 buah.

Berbagai barang bukti tersebu sekarang sudah diamankan supaya tidak disalahgunakan lagi dan selanjutnya dikordinasikan Polsekta Kotapinang. Usai sidak, para warga binaan Lapas Kotapinang dikumpulkan dan diberi arahan tentang bahaya narkoba.

Dalam arahannya, Danramil 11/KP Mayor Inf Ertiko Cholifa mengatakan, sidak yang dilaksanakan ke Lapas Kotapinang merupakan intruksi Pimpinan TNI melalui Dandim 0209/LB Letkol Inf Berkim Sitompul. Yang mana pertama sekali, kami (TNI red) harus membersihkan narkoba dari dalam yaitu personil, selanjutnya turut campur tangan membersihkan narkoba dari luar. “Saya ucapkan terimakasih kepada kalapas Kotapinang, atas ijinnya kami dapat bertemu dengan warga binaan,”ucap Danramil 11/KP Mayor Inf Ertiko Cholifa

Lebih lanjut, Mayor Inf Ertiko Cholifa menjelaskan sidak dilaksanakan ke Lapas mengingat sekarang ini ada beberapa Lapas di negeri ini, dimana warga binaannya tetap menggunakan barang haram narkoba. Jadi, kita tidak mau Lapas Kotapinang ini seperti Lapas lain yang menjadi tempat narkoba. Tetapi narkoba adalah musuh bangsa dan negara, makanya mari kita perangi narkoba.

“Maaf, pada saudara warga binaan. Kita sidak bukannya menuduh warga binaan memakai narkoba, tetapi antisipasi beredarnya narkoba seperti di Lapas lain,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Mayor Inf Ertiko Cholifa mengatakan kedepannya untuk sidak tentang narkoba pihaknya akan melibatkan Polisi dan Jaksa. “Selanjutnya kami akan membuat penyuluhan hukum ke sekolah-sekolah, tapi sebelum dilaksanakan penyuluhan semua tas anak sekolah mulai SMP dan SMA akan kita periksa terlebih dahulu. Karena mereka adalah generasi penerus kita, jadi mereka harus bersih dari narkoba,”pesan Danramil.

Kalapas Kotapinang Suherdi, mengimbau kepada warga binaan Kotapinang, agar jangan ada yang berbuat macam-macam, bermain narkoba dan tindakan lainnya. “Apabila diketahui warga binaan sebagai pengguna, maka kami tidak akan segan-segan menindak dengan tegas,”tegasnya.

“Kami akan tindak tegas warga binaan yang terlibat sebagai pengguna narkoba, saya tidak mau dipecat akibat ulah kalian,”ucapnya.

Suherdi menambahkan, Lapas Kotapinang saat ini sudah melebihi kapasitas sebab warga binaan sudah berjumlah 132 orang, padahal kapasitasnya hanya 93 orang dan sudah selayaknya untuk dipindahkan maupun ditingkatkan.(zr/ss-ls)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.