Beranda ›› Foto & Video ›› Dengan Dana Bansos, Bupati Labuhanbatu Serahkan Bantuan Dana PMT & Transport Kader Posyandu

Dengan Dana Bansos, Bupati Labuhanbatu Serahkan Bantuan Dana PMT & Transport Kader Posyandu

Panai Hulu, suarasumut.com  –  Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT dan Kadis Kesehatan Labuhanbatu Hj. Helifenida, SKM. M.Kes akan terus berupaya menggalakkan kegiatan Posyandu yang ada di 9 Kecamatan dengan jumlah Posyandu sebanyak 524 unit, baik ditingkat Desa maupun
Kelurahan agar masyarakatnya terkhusus bagi ibu hamil dan anak balita tetap sehat dan mendapat gizi yang cukup.

Terkait dengan itu, Kamis (2/10) Bupati Labuhanbatu didampingi Kadis Kesehatan dan disaksikan Camat Panai Hulu Muslih, SH telah menyerahkan bantuan dana PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan Transport para Kader Posyandu di wilayah Kecamatan Panai Hulu untuk triwulan I dan II Tahun 2014 yang berlangsung di Halaman Kantor Sahbandar Tanjung Sarang Elang.

Bantuan dana yang diserahkan Bupati Labuhanbatu tersebut adalah untuk 7 Desa dengan 47 Posyandu yang ada di Kecamatan Panai Hulu, yaitu Desa Tanjung Sarang Elang 5 Posyandu, Desa Perkebunan Ajamu 12 Posyandu, Desa Teluk Sentosa 8 Posyandu, Desa Sei Sentosa 4 Posyandu, Desa Cinta Makmur 5 Posyandu, Desa Meranti Paham 7 Posyandu dan Desa Sei Jawi-Jawi 6 Posyandu.

Sedangkan jumlah dana yang diserahkan, Untuk PMT, 47 Posyandu x 6 bulan x Rp.39.500,- maka berjumlah sebesar Rp.11.139.000,-, sedangkan bantuan dana Transport Kader Posyandu yang diserahkan adalah untuk 47 Posyandu x 5 orang kader x Rp.25.000,- x 6 bulan = Rp.35.250.000,- sehingga jumlah total yang diserahkan Bupati pada saat itu sebesar Rp.46.389.000,-.

Menurut Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Pansunan Siregar, SpPD, sebagai kader Posyandu kita harus senantiasa bersyukur dengan pekerjaan ini, laksanakanlah dengan ikhlas karena pekerjaan sebagai kader Posyandu ini adalah untuk kesehatan masyarakat dan balita yang ada dilingkungan kita, kalau perlu para kader dapat menghimbau seluruh warga masyarakat untuk menjaga kebersihan dilingkungannya sendiri dan membuang sampah pada tempatnya, kalau ini berjalan insya Allah lingkungan tempat tinggal kita
akan bersih dan sehat.

“Pekerjaan kita sebagai kader Posyandu ini adalah dari masyarakat untuk masyarakat, jadi jangan pernah bosan untuk mengurus Posyandu, karena salah satu tugas kader Posyandu adalah untuk menurunkan angka kematian bayi, menurunkan angka kelahiran dan menurunkan angka ibu hamil,” kata Tigor.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa bantuan ini adalah hasil prestasi ibu-ibu dalam melaksanakan dan pengelola Posyandu di desanya
masing-masing, Posyandu ini adalah masalah kesehatan, bagaimana anak kemanakan saya yang disana mau sekolah kalau tidak sehat, saya siapkan kesehatannya, puskesmas-puskesmas pembantu dibangun, tetapi kalau tidak dilatih dari rumah supaya dia bisa hidup sehat, maka mereka akan sering sakit, untuk itu yang melatih ini adalah salah satunya tangan kader Posyandu, tidak mungkin tangan ini hanya bisa dari Dinas Kesehatan, tetapi kader Posyandu yang dikelola oleh ibu-ibu PKK lah yang harus berperan aktif didalamnya.

Untuk itu saya ucapkan terimakasih dan hampir tidak ada penyakit bakteri di Labuhanbatu artinya Posyandu sudah jalan, imunisasi sudah jalan dan radang tenggorakan pun sudah tidak kita ketemukan di Rumah Sakit Umum, kemudian kita tidak pernah temukan lagi anak yang baru lahir mati karena kejang akibat tali pusatnya dipotong dengan sembilu atau oleh dukun beranak yang tidak menggunakan gunting steril, hanya kader Posyandulah yang dapat menurunkan ini semua, jelasnya.

Akhirnya, Tigor kembali mengucapkan terimakasih dan mengingatkan para kader Posyandu untuk memanfaatkan bantuan dana tersebut dengan baik, sehingga berguna bagi anak kemanakan saya agar tetap sehat.

Sementara, Kadis Kesehatan Labuhanbatu Hj. Helifenida, SKM.M.Kes disela-sela acara penyerahan bantuan dana PMT dan Transport Kader Posyandu itu menjelaskan, bahwa penyerahan bantuan dana PMT dan Transport Kader Posyandu pada hari ini dilaksanakan di 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Panai Hulu. Panai Tengah, Panai Hilir dan di Kecamatan Bilah Hilir, sedangkan esok harinya, Jum’at (3/10) bantuan serupa juga akan diserahkan untuk kader Posyandu di Kecamatan Pangkatan dan Bilah Hulu, namun demikian sebelumnya, Kamis (25/9) lalu juga sudah diserahkan bantuan yang sama kepada kader Posyandu di wilayah Kecamatan Bilah Barat dan Rantau Utara. Khusus untuk Kecamatan Rantau Selatan akan menyusul dengan waktu ditentukan kemudian, terangnya.(ta/ss/ph)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.