Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Cafe Remang-remang Dibakar, Pemilik Lapor Polisi

Cafe Remang-remang Dibakar, Pemilik Lapor Polisi

Rantauprapat | suarasumut.com  – Sejumlah pemilik kafe yang dibakar dan dirusak warga pada Kamis malam (24/3) sekitar pukul 10.00 wib kemarin telah membuat pengaduan ke Polres Labuhanbatu. Pasalnya, sejumlah pemilik kafe mengaku banyak kehilangan barang-barang dan uang.

“Semua pemilik cafe banyak kehilangan barang dan uang. Dan rata-rata kerugian akibat pengerusakan serta pencurian yang dilakukan warga rata-rata diatas Rp.20 jutaan,”ucap Ros dan Putra pemilik kafe di Lingkungan Kampungbaru Kelurahan Lobusona, ketika ditemui wartawan, Sabtu (26/3) sekitar 17.17 wib.

Dijelaskannya, sebanyak 16 kafe yang dibakar serta dirusak oleh persatuan putra putri lobusona yang diketuai oleh Mouris Cs yang kini sebagai terlapor. Namun, didalam unjuk rasa tersebut terdapat sejumlah penyusup yang diluar warga Lobusona.

“Si Bangun Junaidi Nasution warga jalan Karyabakti, Kelurahan Lobusona juga turut menyusup dalam unjuk rasa itu. Kalau murni warga setempat yang menginginkan kafe kami ditertibkan, kami sangat menerima. Tapi, kenapa ada provokator dan melakukan pencurian,” kesal Putra diamini pemilik kafe lainnya.

Dikatakannya, kronologis pengerusakan dan pembakaran 16 kafe yang terjadi beberapa hari yang lalu itu, terjadi sekitar pukul 22.00 wib. Saat itu, ratusan massa datang dan mematikan seluruh lampu dengan menghancurkan bola lampu. Setelah itu, massa langsung merusak pintu dan mengambili seisi kafe beserta sejumlah uang dan HP yang disimpan didalam kamar.

“Mereka hancurkan dulu bola lampu, baru mereka masuk. Tapi, anehnya saat itu sebanyak 16 kafe tersebut sedang kondisi ditutup. Jadi, saat kejadian itu tidak ada pemberitahuan dan kafe sedang ditutup,” terang puta.

Sementara itu,Marhaini (54) yang telah membuat pengaduan sesuai STPL No : STPL/5999/III/2016/SU/RES-LBH berharap agar para pelaku yang melakukan pengerusakan segera ditangkap untuk menjalani proses hukum yang berlaku.

“Kami siap menutup kafe, asalkan para pelaku ditangkap dan barang-barang yang dirusak dan dicuri dikembalikan,”pintanya.

Sementara Kapolres Labuhanbatu AKBP Teguh Yuswardhie melalui Kasubbag Humas AKP Viktor Sibarani menjelaskan, Kamis (24/3), pertama kalinya massa merusak dan membakar cafe di Lingkungan Kampung Baru By Pass milik Marhani (55) warga jalan Padang Bulan Gang Saudara Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara.

Cafe sekaligus menjadi lokasi hiburan yang diduga tidak memiliki ijin atas penyediaan wanita penghibur yang terletak di areal perkebunan kelapa sawit milik Saut Sirait (45) itu pun hangus terbakar.

Setelah itu, massa bergerak ke cafe milik Hatorangan Sihombing (30) warga Lingkungan Kampung Baru Kelurahan Lobusona. Disana puluhan massa melakukan aksi pelemparan sehingga menyebabkan barang-barang terbuat dari kaca berpecahan.

Selanjutnya, massa bergeser ke warung/cafe “Ahok” milik Dharma (47) serta melempari cafe itu, setelah itu kembali melempari cafe “Ana” milik Hendrik Hasibuan (47), seterusnya menuju cafe “Selecta” milik Adil Sitompul (64).

Setelah itu, massa terus bergerak mendatangi cafe “Tembang Kenangan” milik Adil Sitompul (64) serta selanjutnya mendatangi cafe “Dewi” milik Altur Sibarani (48).

Disebutkan Kasubbag Humas Polres Labuhanbatu itu, dalam aksi pembakaran dan perusakan, tidak ada korban jiwa, namun kerugian sementara ditaksir sekitar Rp100 juta. “Dua unit sepeda motor, genset dan cafenya hangus terbakar,”ujarnya.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Teguh Yuswardhie bersama perwira lainnya yang terjun ke lokasi sebut AKP Viktor lebih jauh, sempat mendapat masukan laporan dari pemilik cafe bahwa yang melakukan pengrusakan merupakan putra-putri warga setempat yang memang selama ini menolak keberadaan cafe yang dijadikan sebagai tempat maksiat.

“Namun setelah mendapatkan arahan dan himbauan dari Kapolres, kerumunan massa membubarkan diri degan tertib dan kembali ke rumah masing-masing,” papar perwira tiga balok dipundak itu.(ab/ss-rp)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.