Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati, Tutup Manasik Haji Akbar Labuhanbatu Tahun 2014

Bupati, Tutup Manasik Haji Akbar Labuhanbatu Tahun 2014

Rantauprapat, suarasumut.com – Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD, Sabtu (16/8) siang menutup kegiatan Manasik Haji Akbar Calon Jemaah Haji Labuhanbatu Tahun 2014 di Aula Asrama Haji Ujung Bandar Rantauprapat yang dihadiri Ketua DPRD Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM dan Wakil Bupati Labuhanbatu Suhari Pane, SIP serta Plt. Sekdakab H Ali Usman Harahap, SH serta Ketua Majelis Ulama Kabupaten Labuhanbatu Drs. H Usman Achmad yang dihiasi dengan acara tepung tawar dan upah-upah.

Tigor dalam arahannya mengutarakan, Ada yang tak bisa saya lupakan pada 15 tahun yang lalu, dimana hal seperti ini juga telah saya alami, selama 10 hari mengikuti manasik haji di Asrama Haji Medan, begitu keluar dari Manasik Haji maka perasaan saya Madinah dan Makkah itu seperti di depan mata, namun demikian perlu diketahui bahwa tujuan Manasik Haji ini adalah untuk menambah ilmu serta wawasan kita nantinya saat melaksanakan ibadah haji.

“Dari sekian banyak ummat islam dimuka bumi ini, kita harus bersyukur karena Allah SWT telah mengundang kita ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji atau rukun islam yang ke lima,” kata Tigor.

Dalam kesempatan itu Tigor lebih banyak memberikan nasehat kepada para calon jemaah haji itu, antaralain ia mengatakan, Kita akan terbang dari Bandara Polonia Medan menuju Jeddah dengan waktu lebih kurang 18 jam, tak istirahat dan tak tidur, sedangkan puncak dari kelelahan kita nanti di Arafah sangat tinggi, untuk itu kendalikan diri kita masing-masing agar tak menimbulkan kegaduhan dikarenakan emosi yang tak stabil.

Kemudian, jangan pelit dengan makanan sebab untuk itu kita dapat biaya dari Negara, makanlah makanan serta minuman yang bergizi karena alam Mekkah dan Madinah sangat berbeda dengan alam kita di Indonesia ini.

“Jangan pelit dengan makanan dan minuman selama disana karena disana aktifitas kita tinggi, makan apa saja sehingga tubuh dan fisik kita jadi kuat dan tetap sehat dalam melaksanakan ibadah, minumlah minuman yang bergizi seperti Jus Jeruk ataupun minum susu jangan minum Jus Mangga,” kata Tigor mengingatkan.

Diakhir arahannya Tigor mengharapkan semoga para peserta Manasik Haji yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci semuanya diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga dapat melaksanakan berbagai aktivitas ibadah disana dengan kondisi yang lebih baik dengan harapan kiranya menjadi Haji dan Hajjah yang mabrur.

Ketua DPRD Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM sdalam sambutannya mengingatkan, bahwa tali asih yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu janganlah dinilai harganya, tapi nilailah begitu pedulinya Pemkab Labuhanbatu kepada para Calon Jemaah Haji yang akan berangkat memenuhi panggilan Allah ke tanah suci Makkah.

“Secara pribadi saya mengucapkan selamat yang tahun ini dipanggil Allah untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah, saya berharap semuanya sehat sampai di tanah suci dan dalam setiap melaksanakan ibadah disana do’akan kami agar tetap sehat, teristimewa Bapak Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD agar tetap dapat memimpin Kabupaten Labuhanbatu,” kata Ellya Rosa.

Kakankemenag Labuhanbatu Drs. H Dahman Hasibuan, MA selaku Kepala Staf Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada acara Penutupan Manasik Haji Akbar itu menjelaskan, bahwa Manasik Haji ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 14 s/d 16 Agustus 2014 dengan jumlah peserta sebanyak 418 orang yang berasal dari 9 Kecamatan. Para Calon Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu yang berjumlah 418 dengan perincian, dari Kecamatan Rantau Utara sebanyak 117 orang, Rantau Selatan 135 orang, Bilah Barat 28 orang, Bilah Hulu 70 orang, Pangkatan 19 orang, Bilah Hilir 22 orang, Panai Hulu 19 orang, Panai Tengah 2 orang, Panai Hilir 4 orang danm Petugas Daerah atau TPHD dan TKHD sebanyak 2 orang.

Menurut Dahman, Untuk jadwal keberangkatan insya Allah akan dilaksanakan qur’ah pada tanggal 21 Agustus 2014, namun informasi awal bahwa pemberangkatan Kloter 1 adalah pada tanggal 1 September 2 mendatang. (ta/ss/lb)
ra

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.