Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Bupati Taput Launching Dana Talangan Komoditi Cabai Merah, Bawang Merah Dan Padi Di Siborongborong

Bupati Taput Launching Dana Talangan Komoditi Cabai Merah, Bawang Merah Dan Padi Di Siborongborong

Siborongborong | suarasumut.com  –  Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Asisten II Osmar Silalahi, Kadis Pertanian, Direktur Perusda Pertanian dan beberapa Pimpinan OPD launching Dana Talangan bagi petani untuk komoditi Cabai Merah, Bawang Merah Padi di Pasar Lelang Siborongborong, Senin (10/07).

Pemberian dana talangan ini diatur dalam Peraturan Bupati Tapanuli Utara No 22 tahun 2017 tentang Pedoman Pemberian Dana Talangan Komoditi Cabai Merah, Bawang Merah, Padi Sawah dan Padi Gogo di Kabupaten Tapanuli Utara.

Dalam Keputusan Kadis Pertanian nomor 1272/DPP/I tahun 2017 juga diatur tentang Analisa Usaha Tani Komoditi Pertanian Cabai Merah, Bawang Merah Padi Sawah dan Padi gogo, dimana dalam keputusan ini diatur harga pasar yang akan masuk pada dana talangan, yakni biaya produksi ditambah 15 % keuntungan. Dalam ketentuan ini setiap kecamatan berbeda dana talangannya, contoh untuk Kecamatan Muara komoditi bawang merah sebesar Rp 8.422.

“Jangan sampai petani mengalami kerugian dalam menjual hasil pertanian. Untuk itu, saya mengupayakan dana talangan bisa kita berikan ketika harga pasar di bawah biaya produksi. Jangan sampai petani malas dan putus asa dalam bertani ketika mengalami kerugian,”ujar Bupati pada kesempatan itu.

Selanjutnya Bupati menyampaikan agar program program yang dijalankan Pemkab benar benar menyentuh rakyat dan langsung dirasakan rakyat (pro rakyat).

“Ini murni untuk kepentingan petani dan saya berharap petani semakin belajar dan bisa mengetahui harga di tempat lain sehingga semua terbuka, tidak ada pihak pihak yang memanfaatkan. Saya berharap petani semakin bergiat dalam bekerja, sehingga taraf hidup meningkat,”ujar Bupati mengakhiri.

Pada kesempatan lelang ini, harga dasar komoditi cabai merah ditetapkan sebesar Rp 9.000 dan lelang pertama terjual seharga 13.000, lelang kedua terjual Rp 12.300, lelang ketiga Rp 12.000, keempat Rp12.600 dan seterusnya, semua diatas harga Rp 12.000 dan harga tersebut diatas harga produksi yang ditetapkan sehingga tidak perlu dana talangan. Total cabai merah yang terlelang sebanyak 1.644, 5 kg.(rl/ss-tu)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.