Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Sergai Buka Rakerda Dewan Pengurus MUI

Bupati Sergai Buka Rakerda Dewan Pengurus MUI

 

                                                              

                                                                                                                       “Dalam Membangun Kerukunan Diperlukan Peran Ulama Bersama Pemerintah

 

 

Sergai | suarasumut.com  –  Keberadaan ulama, dewasa ini diharapkan dapat memaksimalkan peran dan fungsinya ditengah-tengah arus perubahan zaman menyiratkan kehidupan yang hedonis dan materialistis. Peran ulamanya hendaknya diperluas, ulama tidak saja berdiri digaris terdepan dalam mengokohkan sendi-sendi moral, etika dan spritual kehidupan berbangsa dan bernegara. Lebih dari itu ulama diharapkan mampu menyerahkan dan mencerdaskan umat dengan ajaran nilai-nilai Islam.

Hal ini dikemukakan Bupati Ir. H. Soekirman saat membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah Dewan Pengurus Majelis Ulama Indoneai (Rakerda DP MUI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (29/11) dan sekaligus pengukuhan Komisi-Komisi Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Sergai Masa Khidmat 2014-2019.

Hadir dalam Rakerda tersebut, Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar ST, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua DP MUI H. Lukman Yahya dan jajarannya, perwakilan Kapolres dan Kakan Kemenag, Kadisdik Drs. Joni Walker Manik, MM, Kabag Kessos Drs. H. Nasrul Azis Siregar, ormas Islam, kelompok pengajian dan pondok pesantren.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Sergai bahwa Rakerda ini sebagai momen untuk revitalisasi fungsi MUI yang menyangkut empat hal, diantaranya Pertama, memberikan fatwa dan nasehat kepada umat Islam dan pemerintah mengenai masalah keagamaan dan kemasyarakatan. Kedua, MUI menjadi wadah ukhuwah islamiyah, Ketiga, MUI sebagai organisasi yang mewakili umat Islam serta yang terakhir, Keempat, MUI menjadi penghubung timbal balik antara ulama dan umarah guna mensukseskan roda pembangunan.

Untuk mewujudkan revitalisasi, para pengurus MUI Sergai harus mempunyai re-fresh (menyegarkan kembali program yang telah dilakukan), re-charger (mengulang dan mengisi kembali), re-orientasi (terus melakukan kegiatan/aktivitas) dan re-focus (memfokus kembali program-program yang telah dan yang akan dilaksanakan). “Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan Rakerda MUI hari ini karena sebagai awal revitalisasi peran ulama bersama pemerintah membangun kerukunan umat Islam di Indonesia khususnya di Tanah Bertuah Negeri Bradat ini,” ujar Bupati.

Sementara Ketua DP MUI Sergai H. Lukman Yahya dalam sambutannya didalam suasana hiruk pikuk negara yang menuntut keadilan, kita sebagai bangsa majemuk yang memiliki keanekaragaman baik agama, budaya, bahasa dan adat istiadat tentunya harus terus menjalin silaturrahmi dengan memperkuat ukhuwah islamiyah. “Jadikanlah keanekaragaman itu menjadi nikmat yang harus disyukuri dalam mencari kebersamaan, bukan kemajemukan untuk memperlebar perbedaan,”ujar Lukman Yahya.

Ketua Panitia Drs. H. M. Irfan El Fuadi Lubis menyampaikan, bahwa Rakerda MUI yang dilaksanakan sehari penuh ini merupakan momentum untuk menyusun dan menetapkan perencanaan garis-garis besar program organisasi. Kegiatan yang diikuti Dewan Penasehat dan Dewan Pimpinan DP MUI Kabupaten Sergai dan Kecamatan serta unsur Ormas Islam dan Pondok Pesantren bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, menetapkan program kegiatan masa khidmad 2014-2019 serta memutuskan dan menetapkan ketetapan yang dianggap perlu, ujar Drs. H. M. Irfan El Fuadi Lubis.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.